Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Libur Panjang, Kawasan Puncak Padat Merayap Sampai Malam Hari

Kompas.com - 28/02/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir pekan yang panjang atau long weekend banyak dimanfaatkan untuk bepergian. Salah satu kawasan yang banyak dilalui adalah Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Jalur wisata ini terpantau padat merayap pada Minggu (27/2/2022) hingga pihak kepolisian terpaksa memberlakukan sistem one way atau satu arah ke bawah (arah Jakarta). Sistem satu arah ini dimulai dari simpang Gadog sampai arah Pasar Cisarua.

Baca juga: Lalu lintas Padat, Puncak Bogor Diberlakukan Sistem Satu Arah

Meski demikian, kemacetan terus terjadi hingga malam hari, seperti yang terlihat pada video yang diunggah oleh akun Instagram @villapuncak_holliday. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa kondisi macet tersebut terjadi selama 12 jam lebih.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VILLA PUNCAK HOLLIDAY ???? (@villapuncak_holliday)

Para pengendara roda empat yang hendak menuju Puncak sebelumnya sudah dihentikan petugas di Exit Tol Ciawi atau sekitar Pospol Simpang Gadog.

Para pelancong yang menggunakan mobil diminta menunggu sampai sistem one way selesai atau diberlakukannya kembali ganjil genap. Sistem satu arah tersebut hanya berlaku untuk kendaraan turun atau dari arah Puncak menuju Jakarta.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor Macet, Polisi Lakukan Pengalihan Arus Lalu Lintas

"Kita lakukan pengalihan sepenggal atau one way sampai Megamendung. Kita tarik semua agar bisa nampung (kendaraan) di atas," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana, dilansir Kompas.com, Minggu (27/2/2022).

Arus lalu lintas kendaraan di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, kembali padat pada hari kedua libur panjang atau Minggu (27/2/2022) siang.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Arus lalu lintas kendaraan di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, kembali padat pada hari kedua libur panjang atau Minggu (27/2/2022) siang.

Ketut menambahkan, penerapan one way ini sifatnya hanya situasional atau tergantung kondisi arus lalu lintas di lapangan. Jika kepadatan lalu lintas masih juga terjadi, maka tak menutup kemungkinan kebijakan one way bisa diterapkan sampai malam.

Ketut juga mengingatkan para pengendara agar meningkatkan kewaspadaan berkendara dan menjaga jarak aman. Sebab, kondisi cuaca di kawasan Puncak tidak menentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com