Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik, Jasa Marga Siapkan Contraflow di Beberapa Titik

Kompas.com - 28/02/2022, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga mencatat sebanyak 347.711 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 s.d H-2 libur Isra Mikraj Tahun 2022, yang jatuh pada periode Jumat s.d Sabtu (25-26 Februari 2022).

Angka ini naik 27,12 persen jika dibandingkan lalin normal periode Februari 2022 dengan total 273.539 kendaraan.

Jumlah ini merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Baca juga: Ini Helm Mahal yang Dipakai Ariel NOAH Saat Naik Suzuki Shogun

Rekayasa lalu lintas lawan arus ini diterapkan sejak dini hari yang merupakan imbas dari penutupan jalur KM 122+400 arah Jakarta.
Astra Tol Cipali Rekayasa lalu lintas lawan arus ini diterapkan sejak dini hari yang merupakan imbas dari penutupan jalur KM 122+400 arah Jakarta.

Jasa Marga pun terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Dwimawan Heru, Corporate Communication Jasa Marga, mengatakan, pemberlakuan contraflow pada arus balik di antaranya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas.

Tepatnya, lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66, serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

Baca juga: Ariel NOAH Pakai Shogun, Berapa Kisaran Biaya Restorasinya?

 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

“Kami juga membatasi pekerjaan proyek di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan,” ucap Heru, dalam keterangan tertulis (27/2/2022).

Selain itu, Heru mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek guna mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol.

Ia juga memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Senin, 28 Februari 2022, yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Isra Mikraj Tahun 2022.

Baca juga: Kenapa Truk Sering Parkir di Pinggir Jalan Tol?

Urai Kepadatan Lalu Lintas, Atas Diskresi Kepolisian Jasa Marga Berlakukan Contraflow Km 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah JakartaDok. Jasa Marga Urai Kepadatan Lalu Lintas, Atas Diskresi Kepolisian Jasa Marga Berlakukan Contraflow Km 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta

“Dengan meningkatnya lalu lintas di jalan tol, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu berkendara dengan aman sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Heru.

“Salah satunya, aturan batas kecepatan berkendara di jalan tol yang harus dipatuhi sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di masing-masing ruas jalan tol,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com