Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Kena Tilang, Ini Penjelasannya | Diduga Toyota Innova Hybrid, Tepergok Kamera Lagi Tes Jalan

Kompas.com - 21/02/2022, 07:23 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat wajib untuk membayar pajak setiap satu tahun sekali.

Pembayaran pajak ini juga dilakukan untuk keabsahan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan. Sehingga jika pemilik kendaran telat membayar pajak kendaraan, maka STNK akan mati.

Lantas apakah jika STNK mati bisa ditilang oleh Polisi? Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang berpikir kalau mengenai bayar pajak kendaraan, bukan merupakan ranah kepolisian untuk melakukan penindakan.

Selain itu, beredar di media sosial gambar mobil baru yang sedang tes jalan di Thailand. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Natthaphon Matsarat.

 Baca juga: Begini Prosedur Aman Mengganti Ban di Bahu Jalan Tol

Meskipun mobil ini masih diselubungi stiker kamuflase pada seluruh bodinya, tapi diduga ini adalah Toyota Innova generasi terbaru.

Jika dilihat dari spyshot yang beredar, lekuk bodi dan dimensinya, memang terlihat mirip dengan Toyota Innova versi sebelumnya.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler Kanal Otomotif pada Minggu, 20 Januari 2022:

1. Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Kena Tilang, Ini Penjelasannya

Anggota Kepolisian tak miliki SIM dan surat kendaraan tak lengkap ditilang sesama anggota polisi dalam razia kedisiplinan di depan markas Polresta Tasikmalaya, Jumat (24/9/2021).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Anggota Kepolisian tak miliki SIM dan surat kendaraan tak lengkap ditilang sesama anggota polisi dalam razia kedisiplinan di depan markas Polresta Tasikmalaya, Jumat (24/9/2021).

Budiyanto, Pemerhati Masalah Transportasi mengatakan, kendaraan yang mati pajaknya, tetap bisa ditilang polisi. Karena telat bayar pajak berkaitan dengan sahnya sebuah kendaraan untuk digunakan di jalan raya.

"Dari perspektif hukum, pajak mati kendaraan bermotor bisa ditilang dengan argumentasi hukumnya bukan masalah pajak mati, tapi berkaitan dengan keabsahan STNK," ujar Budiyanto beberapa waktu lalu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.