Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Harga Honda Civic Estilo Tembus Ratusan Juta

Kompas.com - 20/02/2022, 16:46 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Civic Estilo jadi salah satu mobil hatchback jadul yang masih banyak diburu hingga saat ini. Dipasarkan dalam waktu yang terhitung singkat, yakni tahun 1992-1995, membuat unitnya terbilang langka.

Honda Civic Estilo beredar di pasar otomotif domestik sebagai pengganti dari Honda Civic Nouva yang sudah disuntik mati penjualannya. Civic Estilo sendiri merupakan versi hatchback 3 pintu dari sedan Civic Genio yang dipasarkan pada periode waktu yang sama.

Mobil ini mengusung dapur pacu F-Series SOHC 4 silinder 16 katup dengan kubikasi 1.596 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 165 tk, dengan torsi puncak 143 Nm di putaran 5.500 RPM.

Baca juga: Berburu Honda Civic Estilo, Harga Bekasnya Setara Avanza Baru

Honda Civic EstiloOtomotifnet.com/Kyn Honda Civic Estilo

Bagi sebagian pemilik Civic Estilo, mesin bawaan tersebut memiliki performa yang kurang optimal. Maka tidak jarang pemilik hatchback ini melakukan modifikasi pada sektor dapur pacu, entah sekadar porting polish hingga swap engine alias penggantian mesin.

Namun di balik kekurangannya, Civic Estilo masih memiliki rata-rata harga bekas yang terbilang tinggi.

Dari pantauan di sejumlah bursa mobil bekas, Minggu (20/2/2022), Civic Estillo umumnya dibanderol di kisaran Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan untuk unit siap pakai.

"Civic Estilo banyak diminati orang, namun harga pasarannya cukup gelap. Karena kalau bicara mobil hobi, tidak ada harga yang pasti," ucap Bayu, salah satu staff di Mobil88, kepada Kompas.com, Minggu.

Baca juga: Harga Bekas Daihatsu Sirion per Februari 2022

Bayu menuturkan, sejumlah faktor jadi pengaruh penting dalam menentukan harga sebuah mobil hobi, antara lain orisinalitas suku cadang yang digunakan, warna cat eksteriornya, hingga modifikasi mesin yang diusung.

Salah satu contoh Honda Estilo standar yang sudah sangat langka di Indonesia.10jarisports.com Salah satu contoh Honda Estilo standar yang sudah sangat langka di Indonesia.

Terpisah, Arman, salah satu penjual Honda Civic Estilo di bilangan Penjaringan, Jakarta Utara mengatakan bahwa populasi hatchback tersebut memang tidak banyak, terlebih jika mencari unit yang siap pakai dengan kelengkapan suku cadang yang masih orisinil tentu lebih sulit.

"Iya (populasi Honda Civic Estilo) langka dan barang yang bagus susah dicari," kata Arman.

Baca juga: Modal Rp 5 Juta, Hyundai Ioniq 5 Sudah Bisa Dipesan

Ia menjelaskan, Civic Estilo memiliki ciri khas 3 pintu yang meningkatkan aura sporty sehingga desain tersebut terbilang masih banyak diminati bahkan hingga lebih dari 2 dekade usai disetop penjualannya.

Selain itu, meski unitnya langka, ternyata ketersediaan suku cadang untuk Civic Estilo terhitung melimpah. Perawatan pun tidak rumit dan biayanya masih terjangkau. Ditambah komunitas Civic Estilo mudah dijumpai di berbagai daerah sehingga ekosistem mobil ini masih terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com