Begini Prosedur Aman Mengganti Ban di Bahu Jalan Tol

Kompas.com - 20/02/2022, 17:15 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahu jalan tol memang boleh digunakan untuk berhenti namun hanya untuk keadaan darurat. Meski diperbolehkan untuk berhenti di bahu jalan, prakteknya juga tidak bisa sembarangan.

Sebab jalan tol merupakan jalan bebas hambatan. Salah-salah maka bisa mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti ban di pinggir jalan tol.

Baca juga: Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik?

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu memberikan beberapa tips aman saat mengalami ban kempis dan terpaksa berhenti di pinggir jalan tol.

“Pertama pastikan berhenti di tempat yang aman, yaitu di sisi kiri badan jalan. Kemudian cek belakang, pastikan aman, baru pengemudi keluar dari mobil,” ucap Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

ganti ban buskoranmemo.com ganti ban bus

Jika sudah aman, segera turun lalu mengambil segitiga pengaman. Taruh segitiga pengaman tersebut minimal 50 meter dari mobil. Setelah menaruh segitiga pengaman, segera masuk ke dalam mobil dan memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Alasan memasang segitiga pengaman 50 meter dari mobil, Karena asumsinya saat kendaraan bergerak 60 kpj, dan pengemudi melakukan reaksi (mendadak), sampai kendaraan berhenti memerlukan jarak 32-34 meter setelah mengidentifikasi segitiga tersebut.

Baca juga: Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

“Jika tidak bisa membongkar ban sendiri, sebaiknya segera kontak petugas tol. Dengan begitu, mereka akan datang dan parkir di belakang mobil kita. Hadirnya mobil petugas ini juga menambah keamanan saat di mengganti ban di pinggir jalan,” kata Jusri.

Sambil menunggu petugas datang, Jusri menyarankan agar pengemudi menunggu di luar mobil. Karena mobil bisa menjadi sasaran empuk bagi pengemudi yang liar yang sering menggunakan bahu jalan untuk menyalip.

Sejumlah pemudik memilih menepikan kendaraan dan beristirahat di bahu jalan Tol Cipali, Sabtu (1/7/2017) petang. Semua tempat istirahat (rest area) di tol ini di arah menuju Jakarta penuh sesak dan tak bisa menampung lagi pelintas yang belakangan datang.KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Sejumlah pemudik memilih menepikan kendaraan dan beristirahat di bahu jalan Tol Cipali, Sabtu (1/7/2017) petang. Semua tempat istirahat (rest area) di tol ini di arah menuju Jakarta penuh sesak dan tak bisa menampung lagi pelintas yang belakangan datang.

“Keluar dari mobil, bukan di belakangnya, tapi tunggu di depan mobil sisi kiri dan agak menjauh. Tujuannya, mobil akan menjadi bumper ketika ada sesuatu yang tidak kita harapkan, sehingga bisa meredam momentum,” ucapnya.

Sedangkan kalau berniat membongkar ban sendiri, pastikan tempat aman, lalu memasang rem parkir. Kemudian lepas ban serep lalu taruh di kolong mobil. Ganjal ban lalu lepas ban yang bocor, setelah dilepas, tukar dengan ban serep.

Baca juga: Bocor, Hyundai Ioniq 5 Sudah Ada di Pabrik Hyundai Cikarang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.