Vinales Bicara Peluang Menang Dengan Tiga Pabrikan Berbeda

Kompas.com - 19/02/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales menjadi salah satu pebalap MotoGP yang sudah merasakan tiga pabrikan yang berbeda. Dua di antaranya, Vinales berhasil merasakan kemenangan.

Tak sedikit yang penasaran apakah mantan pebalap Suzuki dan Yamaha ini juga bisa naik podium utama bersama Aprilia. Apalagi, melihat Aprilia tampak menjanjikan di sesi tes pramusim.

Baca juga: Hasil Tes MotoGP Mandalika Pukul 16.00 WITA, Vinales Paling Kencang

Dari sepanjang sejarah balap motor ini digelar sejak 1949, tak banyak pebalap yang bisa menang menggunakan tiga motor dari pabrikan yang berbeda.

Maverick Vinales saat sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @maverick12official Maverick Vinales saat sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika, Lombok

Hanya ada empat pebalap, yakni Mike Hailwood, Randy Mamola, Eddie Lawson, dan Loris Capirossi. Bahkan, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang sudah merasakan Yamaha, Ducati, dan Honda, tidak mampu melakukannya.

Rossi tidak berhasil meraih kemenangan saat di Ducati. Sedangkan Lorenzo, gagal menang selama berada di Honda.

Baca juga: Tinggalkan Suzuki untuk Gabung Yamaha, Vinales Mengaku Salah

Untuk Vinales, mungkin akan lebih berat lagi untuk meraih kemenangan. Sebab, mengingat Aprilia yang baru sekali naik podium dan sama sekali belum pernah meraih kemenangan.

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Akan menjadi mimpi untuk menang dengan tiga pabrikan, sepertinya saya bisa menjadi satu-satunya yang bisa melakukannya di era MotoGP," ujar Vinales, dikutip dari Crash.net, Sabtu (19/2/2022).

Vinales menambahkan, target utamanya adalah membawa Aprilia menjadi lebih kompetitif. Tapi, dia mencoba untuk realistis dan menyadari bahwa RS-GP masih butuh seper sekian detik lagi untuk bisa bersaing meraih kemenangan.

Maverick Vinales saat shakedown test di SepangDok. @maverickvinales12 Maverick Vinales saat shakedown test di Sepang

"Jalan yang panjang untuk menemukan setting yang tepat, khususnya bagi saya. Motor ini di-setting untuk gaya berkendara yang berbeda. Kami masih kesulitan di beberapa area, khususnya dengan grip ban," kata Vinales.

Vinales mengatakan, saat sesi tes pramusim di Sepang dan Mandalika, Aprilia mendapatkan hasil yang positif. Dengan status tim konsesi, Aprilia juga masih bebas melakukan pengetesan dan pengembangan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.