VW Bakal Bawa T-Cross ke Indonesia, Jadi Pesaing Rocky-Raize

Kompas.com - 19/02/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen tunggal pemegang merek Volkswagen (VW) di Indonesia memastikan bakal ikut kembali meramaikan pasar otomotif domestik di 2022 ini.

Belum lama ini, PT GMM menuturkan kepada awak media bahwa hendak memboyong salah satu model kendaraan di segmen sport utility vehicle (SUV) kecil.

Hal tersebut diungkapkan Ahmad Badawi, National Sales Manager PT GMM, pada akhir Januari 2022. Namun pada waktu itu, belum disebutkan secara detail model mobil SUV kecil yang akan dibawa masuk ke Tanah Air.

Baca juga: VW Janji Bakal Agresif Tahun Ini di Indonesia, Bawa Produk Baru

Kini janji tersebut akan terbukti. Dalam waktu dekat, PT GMM akan melakukan perilisan SUV kompak Volkswagen T-Cross sebagai model mobil terbarunya yang akan dipasarkan di Indonesia.

Sebagai informasi, sebetulnya nama Volkswagen T-Cross sudah masuk ke dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama. Tercantum Volkswagen T-Cross berspesifikasi mesin 1.000 cc TSI turbo 3 silinder bertransmisi otomatis.

VW T-CrossVolkswagen VW T-Cross

VW T-Cross sendiri pertama kali diluncurkan secara global pada Oktober 2018. Mobil ini sudah dipasarkan di sejumlah negara seperti Brasil, China, dan Meksiko.

Baca juga: Siswi SMP Masuk Tol Japek karena Salah Pilih Menu Google Maps

Untuk dimensinya, VW T-Cross memiliki ukuran panjang 4.108 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.583 mm. Sedikit lebih besar dari Toyota Raize yang berdimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm.

Secara global, VW T-Cross memiliki sejumlah fitur seperti Blind Spot Monitor, Rear Traffic Alert, Driver Fatigue Detection, Parking Sensor, Park Assist, Lane Departure Warning, dan Adaptive Cruise Control.

Namun belum diketahui pasti apakah spesifikasi global dari VW T-Cross akan dibawa seluruhnya ke Indonesia atau dilakukan penyesuaian dengan kebutuhan pasar domestik Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.