Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor, Jangan Berkendara di Belakang Truk

Kompas.com - 19/02/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian truk gagal menanjak kerap terjadi di Indonesia. Penyebabnya pun ada banyak, mulai dari over loading, sampai kemampuan pengemudinya yang kurang.

Posisi di belakang truk adalah blind spot dari truk, di mana pengemudi tidak dapat melihatnya. Jadi jika sedang mengendarai motor dan berada di belakang truk, hati-hati jika truk gagal menanjak dan mundur tidak terkendali.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika berada di jalan menanjak dan terpaksa di belakang truk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengendara untuk menghindari celaka.

Baca juga: Kasus Motor Masuk Tol karena Google Maps, Pastikan Pakai Mode Khusus Motor

Tangkapan layar mobil sedan bersenggolan dengan truk akibat sedan tersebut masuk dalam area blind spot pengemudi truk.Akun Instagram @dashcam_owners_indonesia Tangkapan layar mobil sedan bersenggolan dengan truk akibat sedan tersebut masuk dalam area blind spot pengemudi truk.

“Pertama jaga jarak aman dengan truk di depan, jangan terlalu dekat dan usahakan pengemudi tahu posisi kita lewat kaca spionnya,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menjaga jarak dengan truk bertujuan agar ketika truk memperlihatkan gerak-gerik yang mencurigakan, pengendara punya ruang yang aman untuk menghindar. Jika terlalu mepet dan truk mundur, pengendara jadi tidak bisa menghindari tabrakan.

Baca juga: Lihat Langsung Bagaimana Sasis Bus Diantar ke Karoseri

“Kedua, gunakan gigi rendah saat tanjakan dan buka gas secara efektif agar tidak boros bahan bakar,” kata Agus.

Ketiga, saat situasi aman, sebaiknya dahului truk dan berjalan di sisi kanan agar pandangan dalam berkendara jadi luas. Jika pandangan luas, pengendara motor bisa melihat dan memprediksi bahaya yang mungkin dapat terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com