Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Fokus Perpanjang Kontrak Quartararo Untuk Musim Depan

Kompas.com - 19/02/2022, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2021 bersama Yamaha di tahun pertamanya di tim pabrikan. Namun, pebalap asal Perancis itu membuka peluang bagi pabrikan lain untuk pindah tim.

Latar belakangnya adalah performa motor balap YZR-M1. Menurut Quartararo dan data yang ada, Yamaha M1 memiliki top speed yang paling rendah di antara pabrikan lainnya.

Baca juga: Dibuat Frustrasi Yamaha, Quartararo Buka Kemungkinan Pindah Tim

Quartararo mengatakan, dirinya meminta kepada Yamaha untuk meningkatkan top speed YZR-M1 musim ini. Namun, peningkatan yang dilakukan hanya sedikit dan top speed juga masih sama.

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu kecepatan sepeda motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.ANDIKA WAHYU Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu kecepatan sepeda motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.

Juara dunia bertahan itu mengaku tidak menutup pintu bagi pabrikan lain yang punya tawaran lebih menarik. Hal ini dapat terjadi jika ternyata M1 jauh dari kata kompetitif di musim ini.

Namun demikian, Yamaha yakin dapat mempertahankan Quartararo untuk musim 2023. Meskipun, banyak godaan dari pabrikan lain untuk pindah.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

"Bagi kami, Fabio adalah prioritas pertama. Kami tetap melakukan kontak hampir setiap hari dengan manajemennya dan kami mengajukan program kami," ujar Massimo Meregalli, Manajer tim Monster Energy Yamaha MotoGP, dikutip dari Motorsport.com, Sabtu (19/2/2022).

Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. Yamahamotogp.com Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Meregalli mengatakan, Yamaha mencoba cari jalan untuk mencapai kesepakatan secepat mungkin. Menurutnya, normal saja jika Quartararo mendapat tawaran dari pabrikan lain.

"Tapi, kami yakin dan kami akan lakukan apa yang kami bisa untuk mengamankan dirinya untuk dua tahun berikutnya atau lebih," kata Meregalli.

Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)AHMAD FADALI Fabio Quartararo saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)

Meregalli menambahkan, tentunya selama Quartararo belum tanda tangan, berarti pintu masih terbuka. Meregalli yakin Quartararo akan mengevaluasi semua tawaran yang datang dan memilih yang terbaik.

"Anda tahu apa yang Anda punya, Anda tidak tahu apa yang akan Anda punya. Menurut saya, ini adalah nilai yang berat dan kami selalu bekerja dengan baik bersamanya," ujar Meregalli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com