Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Mobil Kena Aquaplaning, Perhatikan Hal-hal Ini

Kompas.com - 17/02/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa kiat untuk mencegah terjadinya aquaplaning saat mengendarakan mobil, khususnya saat sedang berkendara melalui jalan tol. Salah satunya dengan mengurangi kecepatan dan memperhatikan kelayakkan ban yang sedang dipakai.

Namun, terkadang hal ini tidak dapat dihindari. Ketika kendaraan melaju terlalu cepat melewati genangan air, roda bisa slip dan kemudian terjadi aquaplaning.

Ketika sudah mengalami aquaplaning, yang sering terjadi adalah pengemudi panik dan berusaha menghentikan mobil dengan cara mengerem.

Padahal, cara ini dapat memperparah aquaplaning dan membuat mobil semakin kehilangan kendali.

Baca juga: Ban Tapak Lebar Lebih Rawan Mengalami Aquaplaning

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, pengemudi harusnya menurunkan kecepatan saat melalui jalan yang basah atau tergenang air.

"Itu antisipasinya. Diturunkan (kecepatan mobilnya). Nah, kalau kita lalai, yang terjadi adalah aquaplaning," kata Jusri saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ia memaparkan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat mobil sudah terlanjur mengalami aquaplaning.

"Yang pertama, jangan panik. Jangan ngerem, jangan ngegas. Setir jangan dikocok-kocok. Tahan saja. Nanti, begitu ban itu melewati genangan air, dia akan menapak kembali ke permukaan," jelasnya.

Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.Chevrolet Indonesia Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.

Ketika panik, pengemudi akan kehilangan konsentrasi dan memperparah kondisi aquaplaning dengan berusaha mengendalikan mobil secara kasar. Membelokkan setir, menekan pedal gas dan rem justru dapat membuat mobil kehilangan kendali.

Maka, penting bagi pengemudi untuk tahu apa yang harus dilakukan saat menghadapi aquaplaning, sehingga mobil bisa dikendalikan dan resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.