Kecelakaan Bus Tabrak Truk, Ini yang Bisa Dilakukan Penumpang

Kompas.com - 17/02/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan yang melibatkan bus Rosalia Indah dengan truk di Jalan Lingkar Bumiayu, Kabupaten Brebes. Menurut saksi, bus menyalip di tikungan dan dari arah berlawanan ada truk yang datang sehingga tabrakan tidak bisa dihindari.

Pada kecelakaan tersebut, sopir truk meninggal dunia, sedangkan ada lima penumpang serta pengemudi bus yang mengalami luka ringan sampai sedang.

Sayangnya, kecelakaan bus seperti ini memang kerap terjadi dan penumpang malah jadi korbannya. Lalu bagaimana tips untuk penumpang agar bisa terhindar dari kecelakaan seperti ini?

Baca juga: Bus Rosalia Indah Tabrak Truk, Ingat Bahaya Menyalip di Tikungan

Penumpang bus DAMRIDOK. DAMRI Penumpang bus DAMRI

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, risiko fatal ketika menaiki bus bisa diminimalisir dengan tindakan preventif, bukan reaktif.

Penumpang bus kan tidak punya pilihan ketika kendaraan yang dinaiki mengalami kecelakaan,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Jadi tindakan yang bisa dilakukan adalah sebelum menaiki bus, cari angkutan yang terdaftar baik atau track record-nya bagus, jarang mengalami kecelakaan. Apalagi saat ini kecelakaan bus sudah sering diunggah di media sosial, jadi bisa tahu mana yang bagus dan tidak.

Baca juga: Penjelasan MGPA soal Aspal yang Terkelupas di Sirkuit Mandalika

“Kemudian, ingatkan atau tegur pengemudi ketika ugal-ugalan. Laporkan kalau dia masih saja membahayakan,” ucap Sony.

Tips untuk penumpang, perhatikan cara mengemudi dari sopir di 30 menit pertama. Jika dirasa membahayakan, bisa melakukan protes ke kru atau bilang langsung ke pengemudinya.

“Jangan lupa, penumpang selalu gunakan safety belt saat di kabin bus. Terakhir, lihat kelengkapan keselamatan yang tersedia dan di mana jalur evakuasi kalau bus mengalami kecelakaan,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.