Upaya Kemenhub Dukung Ajang MotoGP Mandalika di Sektor Darat

Kompas.com - 16/02/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, siap mendukung gelaran MotoGP Mandalika dalam hal transportasi yang akan dihelat pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, Kemenhub berkomitmen mendukung gelaran MotoGP Mandalika. Bentuk persiapannya sudah dilakukan sejak 2020 yang mencakup beberapa hal, baik fasilitas keselamatan dan transportasinya.

"Tahun ini merupakan terakhir kami akan menyiapkan, jadi ada beberapa hal yang belum kita selesaikan. Kita akan coba selesaikan yang pertama adalah dukungan shuttle bus dengan anggaran sekitar Rp 5,4 miliar dan peruntukan kebutuhannya ada 188 unit," ujar Budi dalam konferensi pers Media Briefing Dukungan Sektor Transportasi pada Even MotoGP Mandalika, yang dihelat secara virtual, Rabu (16/2/2022).

Budi menjelaskan, dari jumlah 188 shuttle bus tersebut, 81 unit akan berasal dari Kemenhub untuk kebutuhan di kawasan Mandalika. Selain itu, ada juga kebutuhan 103 bus yang akan disiapkan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk transportasi penonton.

Baca juga: ITDC Siap Benahi Sirkuit Mandalika, Jadwal MotoGP Tetap

Tiket Motogp Mandalika 2022 bisa dibeli lewat MyPertaminaDOK. PERTAMINA Tiket Motogp Mandalika 2022 bisa dibeli lewat MyPertamina

"Untuk kebutuhan bus mengangkut penontonya itu gratis, baik dari simpul transportasi udara, laut, dan penyeberangan, nanti ke lokasi ITDC kita gratiskan," kata Budi.

Semua sarana shuttle bus tersebut disedikan dengan asumsi penonton sekitar 63.000 orang. Namun demikian, Budi menjelaskan tetap akan memantau dinamika, mengingat adanya perhitungan asumsi dari Menko Marivest bila jumlah penonton bakal melonjak hingga 100.000 orang.

Berikutnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga akan menyiapkan sarana transportasi bus antarmoda guna memfasilitasi dari simpul transportasi dan layanan pada enam rute ke pusat kota. Untuk hal ini akan dilakukan bersama dengan operator lokal.

Sementara untuk jumlah kebutuhan transportasi bus antarmoda diperkirakan jumlahnya sebanyak 278 unit dengan anggaran mencapai Rp 8,8 miliar.

Adapun persiapan bus dilakukan secara masif guna memfasilitasi penonton yang diperkirakan bakal banyak berdatangan dari luar Lombok.

Baca juga: Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

Selain By Pass Mandalika, Presiden Jokowi tinjau penataan dan penghijauan di kawasan Bundaran Sunggung, Mandalika, Kamis (13/1/2022).Dok. Diskominfotik NTB Selain By Pass Mandalika, Presiden Jokowi tinjau penataan dan penghijauan di kawasan Bundaran Sunggung, Mandalika, Kamis (13/1/2022).

"Untuk itu semua pergerakan penonton dari simpul transportasi, termasuk dalam kawasan dari mulai beberapa tempat ke pintu gerbangnya akan menggunakan bus angkutan umum. Dengan demikian kita harapkan angkutan umum itu sebagai back bone terhadap angkutan massal yang ada di sekitar Mandalika. Modal share pengguna bus diharapkan 54 persen, sisanya akan menggunakan angkutan yang sudah ada," ujar Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.