Kompas.com - 16/02/2022, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comWuling Motors merupakan sebuah perusahaan gabungan dari SAIC Motor (Shanghai Automotive Industry Corporation), General Motors, dan Liuzhou Wuling Motors Co Ltd. Kehadirannya di pasar otomotif nasional sudah masuk tahun ke lima dengan beragam produk andalannya.

Selain segmen low multipurpose vehicle (LMPV), Wuling juga bermain di kelas multipurpose vehicle (MPV) medium dan juga sport utility vehicle (SUV). Untuk medium MPV, merek otomotif asal Tiongkok ini jagoannya Cortez.

Model ini meluncur pertama kali pada awal 2018 tepatnya 8 Februari bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Nama Cortez memiliki beberapa sinonim dalam Bahasa Inggris antara lain respectful, graceful, dan courteous.

Baca juga: Begini Kondisi Wuling Confero Setelah Lima Tahun Pemakaian

Ketika itu, Wuling membuat gebrakan dengan menyematkan berbagai peranti yang tidak dimiliki mobil sekelasnya. Cortez mengusung mesin berkapasitas 1.800cc dengan transmisi i-AMT atau manual 6-percepatan. Kemudian di tahun 2019, Wuling memperkenalkan Cortez CT dengan mesin 1.500cc turbo yang mengusung transmisi CVT.

Wuling Cortez CT Type SWuling Wuling Cortez CT Type S

Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni C dan L. Tipe C mengusung teknologi DRL dengan LED, lampu proyektor, tambahan roofrail dan spoiler. Bisa dibilang peranti fitur yang diaplikasikan sudah cukup komplet dalam paket pembelian

Sedangkan tipe L bahkan dilengkapi Classy Electric Sunroof. Soal peranti keselamatan, Cortez bisa dibilang paling premium ketimbang MPV di kelasnya. Cortez tipe C sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), dan Traction Control System (TCS).

Baca juga: Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

Selain itu, masih ada fitur lainnya seperti Electronic Stability Control (ESC), Airbag, ISOFIX, Advanced 8 inch entertainment system, tombol pengendali fungsi audio dan panggilan telepon via Bluetooth di kemudi, sensor parkir, kamera belakang, remote open window and trunk serta USB charging port di setiap baris bangku.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Sedangkan Wuling Cortez tipe L telah dilengkapi seluruh fitur tipe C namun dibubuhkan Luxury meter cluster dengan layar MID 7", exquisite atmosphere lamp, navigation system, Auto AC, dan Convenient Electric Front Seat Adjuster.

Tambahan fitur lainnya meliputi front side airbag, sensor parkir depan, safety belt indicator, fatigue driving warning, 6 speaker, auto headlamp dan front wiper, MID steering switch serta remote open sunroof.

Baca juga: Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

Otomatis, berkat fitur yang disematkan itu seri Cortez langsung diterima oleh masyarakat. Bahkan mengantongi beragam penghargaan, mulai Best Medium MPV di ICOTY tahun 2019. Best of Medium MPV Gasoline Otomotif Award 2019 dan 2020, Best Medium MPV GridOto Award 2019 dan 2020, Best Total Cost of Ownership Medium MPV GridOto Award 2019, 2020 dan 2021.

Wuling Cortez CT Type SKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Wuling Cortez CT Type S

Selain itu, hasil penjualan berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari awal peluncuran pada 2018 sampai akhir 2021 terjual 14.693 unit. Sedangkan sepanjang tahun lalu saja terjual 4.423 unit.

Soal harga, mengutip situs resmi Wuling Indonesia – dengan bantuan subsidi PPnBM dari Wuling, Cortez CT S MT dibanderol Rp 217.500.000, Cortez CT 1.5T S CVT Rp 241.200.000, Cortez CT C MT Rp 238.200.000, Cortez CT C CVT Rp 255.300.000, dan Cortez CT L CVT Rp 290.650.000.

Wuling memberikan subsidi PPnBM 100 persen untuk VIN 2021. Sementara untuk produksi 2022 diberikan diskon PPnBM 50 persen, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.