Perjalanan Ekspor Toyota Indonesia, Diawali 50 Unit Kijang Super

Kompas.com - 16/02/2022, 12:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia resmi memulai ekspor perdana ke Australia untuk pertama kalinya pada 2022. Momen ini menjadi istimewa lantaran menandakan pencapaian volume ekspor 2 juta unit secara kumulatif sejak pertama kali melakukan pengapalan.

"Kami selalu berupaya keras untuk terus meningkatkan daya saing dan meraih kepercayaan dari pasar global dalam aktivitas ekspor. Pencapaian ini tidak dapat terjadi tanpa dukungan semua pihak kepada industri otomotif," kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam keterangan resminya, Selasa (15/2/2022).

Perjalanan panjang ekspor mobil Toyota di Indonesia dimulai sejak 1987. Ketika itu, perusahaan asal Jepang ini sukses memasarkan Kijang generasi ketiga alias Kijang Super, ke Brunei Darussalam dengan kuota yang masih sangat kecil, yakni 50 unit per bulan.

Baca juga: Ekspor Mobil Tembus 80 Negara, Jokowi Apresiasi Kualitas SDM Lokal

Seiring berjalannya waktu, momentum terbaik kegiatan ekspor dimulai sejak dipercayanya Toyota Indonesia dalam proyek Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) pada 2004. Apalagi dengan posisi strategis sebagai basis produksi Kijang Innova.

Toyota Kijang Innova buatan Indonesia tengah memasuki kapal roro untuk ekspor ke mancanegara.TMMIN Toyota Kijang Innova buatan Indonesia tengah memasuki kapal roro untuk ekspor ke mancanegara.

Kondisi tersebut otomatis memberikan peluang besar Toyota Indonesia memperluas jangkauan penetrasi ke pasar global, sekaligus menjadi tantangan dalam membuktikan kapabilitas dari produk buatan dalam negeri.

Sejak saat itu, volume ekspor Toyota Indonesia meningkat menjadi sekitar 7.000 unit per tahun. Aktivitas pengapalan makin berkembang, baik untuk volume dan negara tujuannya.

Mulai pengembangan pasar ke beberapa negara di Timur Tengah dan Amerika Latin. Untuk saat ini, total ada beberapa model yang dipasarkan ke mancanegara, yakni Kijang Innova, Fortuner, Vios, Sienta, Veloz, Avanza, Rush, Lite Ace/Town Ace, Agya, dan Raize.

Belum lagi ditambah dengan kendaraan terurai (CKD), mesin bensin, komponen, dan alat bantu produksi yang telah diekspor ke lebih 80 negara di kawasan Asia, Pasifik, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Baca juga: Toyota Indonesia Catat Pencapaian Ekspor 2 Juta Unit Kendaraan Utuh

Toyota mengklaim volume ekspor tahunan meningkat drastis hingga lebih dari 100.000 unit per tahun sejak 2012.

Jokowi lepas ekspor perdana Fortuner ke AustraliaKEMENPERIN Jokowi lepas ekspor perdana Fortuner ke Australia

Bahkan sempat menembus angka 200.000 unit per tahun pada 2018 dan 2019 sebelum pandemi Covid-19 menghantam ekonomi global. Untuk pencapaian 1 juta unit ekspor, sukses dikantongi pada 2018.

Setelah sempat terkoreksi hingga 30 persen imbas pandemi pada 2020, geliat ekspor kendaraan Toyota hasil garapan SDM Indonesia pada 2021 mencatatkan angka sebesar 188.000 unit. Pencapaian tersebut diklaim memperlihatkan kinerja ekspor T-Brand sudah pulih hingga level 90 persen dibandingkan situasi sebelum pandemi.

"Pencapaian kumulatif 2 juta unit ekspor dan ekspor perdana kendaraan utuh Toyota ke Australia merupakan bagian dari upaya kami berkontribusi pada perkembangan industri otomotif nasional Indonesia, termasuk dalam menjaga neraca perdagangan yang positif," kata Warih.

Baca juga: Menperin Sebut Toyota Siap Memproduksi Kijang Hybrid di Indonesia

Capaian Ekspor Toyota Motor Manufacturing IndonesiaDOK. TMMIN Capaian Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Tahun ini, Toyota Indonesia berencana melakukan produksi lokal model Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang juga akan ditujukan untuk pasar ekspor selain pasar domestik. Untuk modelnya sendiri, diketahui adalah Kijang Innova Hybrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.