Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesi Tes Pramusim Mandalika Selesai, Tikungan 1 Jadi Perhatian

Kompas.com - 14/02/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, selesai digelar. Ada cukup banyak komplain dari pebalap yang jadi perhatian.

Hari pertama, jalannya sesi tes sempat diwarnai hujan. Kondisi ini menyebabkan trek menjadi sangat kotor. Akibat dari pembangunan di sekitar sirkuit, debu-debu dan kotoran menyebabkan trek menjadi berlumpur.

Trek pun terpaksa dibersihkan oleh pebalap sendiri, di mana para pebalap harus mengitari sirkuit agar kotoran tersebut menempel pada bannya. Kotoran yang mengendap di pori-pori aspal juga terangkat ketika motor melintas.

Baca juga: Pol Espargaro Kuasai Tes MotoGP Mandalika Hari Terakhir

Selain membutuhkan pembersihan, ada juga hal lainnya yang mendapat perhatian khusus dari para pebalap, yakni tikungan 1. Banyak kerikil atau batu-batu kecil yang diyakini terlepas dari aspal.

Dampaknya, kerikil ini akan terpental ketika motor lewat. Sehingga, pebalap yang berada di belakang pebalap lain akan merasakan sakit seperti dilempari batu. Kondisi ini tentu sangat berbahaya, apalagi dalam kecepatan tinggi.

"Bagian terparah adalah tikungan 1 dan tikungan terakhir. Itu seperti aspal berbeda, dan di tikungan 1, Anda bisa melihat batu. Saya berada di belakang seseorang, dan sulit dipercaya, seperti senjata atau sesuatu lainnya, mengenai leher saya. Tikungan 1 adalah yang terburuk," ujar Alex Marquez, dikutip dari Crash.net, Senin (14/2/2022).

Baca juga: Mengenal TrackJet, Truk Pembersih Sirkuit yang Dipakai di Mandalika

Darryn Binder menambahkan, tidak menyenangkan berada di belakang pebalap lain ketika berada di tikungan 1. Menurutnya, seperti ditembak menggunakan batu dan debu.

Pembalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Fabio Quartararo mengatakan, Sirkuit Mandalika adalah salah satu trek yang memiliki area runoff yang terbaik. Namun, tikungan 1 juga menjadi perhatiannya.

"Saya sedang berada di belakang Franco (Morbidelli) dan saya terkena banyak batu-batu kecil di leher dan visor. Saya hanya berada di belakang Franco. Bayangkan jika Anda berada di belakang tiga, empat, lima pebalap selama banyak putaran," kata Quartararo.

Quartararo menambahkan, kondisi tersebut terjadi pada tikungan 1 hingga tikungan 7, aspalnya mulai rontok. Untuk balapan nanti, menurut juara dunia MotoGP 2021, perlu diaspal ulang pada tikungan 1.

"Sebab, itu benar-benar bencana di sana. Selama tiga hari, Anda bisa melihat jumlah permukaan menjadi semakin turun. Bagi saya, treknya aman, hanya saja masalah besar pada aspal yang mulai rontok. Menurut saya, ini akan menjadi masalah besar," ujar Quartararo.

Quartararo mengatakan, sebaiknya trek dibersihkan sebelum pebalap datang untuk seri kedua nanti. Sebab, treknya sangat kotor dan sangat licin pada bagian racing line.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com