Mitos atau Fakta, Tangki BBM Sering Kosong Bisa Merusak Komponen Mobil?

Kompas.com - 14/02/2022, 14:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comTangki BBM pada mobil merupakan komponen minim perawatan yang terbilang cukup awet. Namun pemilik wajib memperhatikan ketersediaan bahan bakar untuk menjaga kondisinya selalu optimal.

Pasalnya, kebersihan tangki bahan bakar bisa mempengaruhi performa mesin. Bahkan kerusakan tangki bisa berdampak pada komponen lainnya.

Didi Ahadi, Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, pemilik mobil tidak disarankan menunggu tangki sampai kosong sebelum mengisi BBM.

Baca juga: Catat, Ini 12 Ruas Tol yang Tarifnya Akan Naik di Kuartal I-2022

Tutup tangki BBM Mazda CX-3 1.5LKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tutup tangki BBM Mazda CX-3 1.5L

Sebab kosongnya tangki BBM bisa membuat kotoran di dasar tangki terisap naik, sewaktu BBM kembali diisi.

"Memang kebiasaan seperti ini tidak akan merusak mobil, namun kotoran-kotoran yang ada di tangki itu bisa terisap naik, walaupun sebenarnya ada filter bensin," ujar Didi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Filter bahan bakar yang kotor kemudian membuat suplai BBM dari tangki ke mesin mobil menjadi tidak sempurna. Didi menjelaskan, ini dapat membuat mesin tersendat atau mengganggu kinerja mesin.

Baca juga: Rencana Sistem Satu Arah di Jalan Daan Mogot, Tangerang

Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalahMMKSI Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalah

Bahkan jika dibiarkan terus menerus, pompa bahan bakar yang menyalurkan bensin tidak akan bekerja maksimal, yang membuat konsumsi BBM jadi lebih boros.

Efek paling buruknya, pompa bensin bisa rusak. Untuk memperbaikinya biasanya relatif tinggi, begitu juga dengan penggantian unit baru (assy) yang terbilang mahal.

Kemudian, membiarkan tangki bahan bakar kosong terus menerus dapat berefek pada timbulnya karat. Karena ketika kosong, terjadi kondensasi di dalam tangki. Munculnya air di dalam tangki merupakan awal terjadinya karat.

Endapan debu atau karat inilah yang terbawa bensin menuju komponen-komponen lainnya. Selain tangki bensin, kerusakan bisa menjalar ke bagian pengabutan, seperti injektor ataupun karburator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.