Uji Coba Contraflow di Jalur Jakarta-Bekasi Ditiadakan

Kompas.com - 14/02/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba contraflow di depan Grand Cakung, Jakarta Timur, ditiadakan mulai hari Senin (14/2/2022). Keputusan ini menyusul penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 yang dilakukan oleh pemerintah.

“Rencana awal memang akan ditutup tanggal 18 Februari 2022, tapi karena pemerintah menerapkan PPKM Level 3, jadi kami tutup lebih awal,” ucap Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Timur AKBP Edy Surasa, dikutip dari Megapolitan Kompas.com, Senin (14/1/2022).

Baca juga: Urai Kemacetan, Polisi Uji Coba Contraflow di Jalur Jakarta-Bekasi

Namun, Edy belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut soal kelanjutan uji coba contraflow tersebut.

“Nanti kalau ada informasi lagi, kami sampaikan,” kata dia.

Kontraflow yang diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pada Jumat (2/4/2021) mulai KM 47-KM 61.(istimewa) Kontraflow yang diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pada Jumat (2/4/2021) mulai KM 47-KM 61.

Sebelumnya, uji coba contraflow atau lawan arus resmi diberlakukan per Selasa (8/2/2022). Uji coba itu bertujuan untuk mengurai kemacetan di Jalan Raya Bekasi arah Jakarta KM 23-24 saat jam masuk kerja menuju arah Jakarta.

“Karena arus lalu lintas memang padat, kemacetan terkadang juga sampai mengular panjang. Jadi kita lakukan uji coba contraflow dari jam 06.00 sampai 09.00 WIB,” ucap Edy, selasa pekan lalu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Wajib Injak Pedal Gas Sebelum Matikan Mesin Mobil?

Edy juga mengatakan, mobilitas masyarakat saat ini mungkin ada pengurangan karena masa PPKM Level 3.

“Kita lihat saja, karena Jakarta sekarang memasuki level 3, apakah masih ada kepadatan di Jalan Arteri Bekasi atau tidak. Kalau tidak ada kepadatan, mungkin conftraflow akan segera dihentikan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.