Cara Mudah dan Murah Bikin Tampilan Motor Jadi Makin Ganteng

Kompas.com - 14/02/2022, 20:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu modifikasi yang bisa menambah nilai estetika sepeda motor dengan mengganti pelek. Namun, harga pelek aftermarket yang lumayan tinggi membuat orang lain mencari cara, salah satunya adalah dengan melakukan pengecatan.

Dengan mengganti warna, tampilan motor bisa berubah cukup signifikan. Tak hanya itu, warnanya pun bisa disesuaikan dengan kemauan konsumen.

Owner Rey Decal & Painting di Bekasi, Reynalto Priyanto mengatakan, mengecat ulang pelek memiliki biaya yang murah. Pengerjaannya juga bisa dilakukan dalam waktu sehari.

Baca juga: Pasang Decal di Motor, Bisa Tahan Berapa Lama?

“Untuk proses pengecatan di bengkel kami hanya memakan waktu empat sampai lima jam saja. Sementara untuk pilihan model finishing konsumen bisa memilih mau doff, glossy, satin, atau chrome,” ucap Rey saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/2/2022).

Rey menambahkan, untuk proses pengeringan pelek di bengkelnya menggunakan oven, jadi tidak memakan waktu yang lama dan meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil yang terjadi saat proses pengeringan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rey Decal Jakarta (@reydecaljakarta)

“Ketika melakukan pengecatan dan pengeringan memang harus benar-benar diperhatikan agar hasilnya maksimal. Kalau di kami, proses pengecatan dan pengeringan pelek menggunakan oven, Karena kalau pakai sinar matahari, bukannya malah kering malah ada debu menempel,” kata dia.

Untuk harga pengecatan pelek juga terbilang relatif murah, yakni hanya berkisar dari Rp 250.000 sampai Rp 600.000 ribu saja. Tergantung motor, warna dan bahan yang digunakan.

Baca juga: Kedepankan Empati, Pengemudi Tidur di Pinggir Tol Cuma Kena Tegur

“Harga kami mulai dari Rp 250.000 untuk motor matic, dan sport mulai dari Rp 550.000 sampai Rp 600.000,” kata dia.

Perlu dicatat, mengecat ulang pelek ini sifatnya permanen, jadi tidak bisa dikembalikan ke warna asli. Kalau mau dikembalikan ke warna aslinya bisa di cat kembali dengan kelir yang sesuai dengan pelek standarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.