Mekanisme Fit to Work Pengemudi Transjakarta Perlu Dilakukan Segera

Kompas.com - 12/02/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan yang melibatkan bus-bus Transjakarta memang cukup kerap terjadi belakangan ini. Data 2021, menurut Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) terdapat 508 kecelakaan bus Transjakarta.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pun diundang untuk melakukan evaluasi pada operasional Transjakarta. Ada beberapa temuan KNKT mengenai pola penyiapan pengemudi sebelum bus berangkat atau beroperasi.

Soerjanto Tjahjono, Ketua KNKT, mengatakan, sampai saat ini belum ada mekanisme fit to work untuk para pengemudi sebelum bekerja. Padahal adanya penyeleksian lewat fit to work bisa mengurangi pengemudi yang tidak fit dan berpotensi celaka saat bekerja.

Baca juga: Pengemudi Bus Harus Dibina Demi Kurangi Angka Kecelakaan

Bus Transjakarta menabrak separator jalur di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/12/2021).Dokumentasi Pribadi Bus Transjakarta menabrak separator jalur di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/12/2021).

Fit to work ini sangat simpel, ketika mereka (pengemudi) datang ke pool, ada petugas untuk melihat dan bertanya apakah sehat, siap bekerja, atau sakit. Petugas melihat ciri-ciri fisik seperti mata merah atau tidak, lemas,” ucapnya dalam acara FGD yang diadakan DTKJ belum lama ini.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Dampak Buruk Pakai Ban Motor Bentuk Donat

Soerjanto menjelaskan, mekanisme fit to work sebelum bekerja bisa dilakukan oleh operator dan tanpa biaya. Jadi mekanisme adanya petugas yang menanyakan kondisi pengemudi sebelum bekerja bisa dilakukan dengan segera.

“Ini tanpa biaya dan bisa dikerjakan secepat mungkin. Hal ini penting untuk menghindari masalah kelelahan pada pengemudi,” kata Soerjanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.