Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Bus Suites Class dengan HD Prime Buatan Laksana, Pilih Mana?

Kompas.com - 10/02/2022, 18:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana punya beragam pilihan bodi bus besar. Untuk model single deck, ada beberapa pilihan, mulai dari Legacy SR2 HD Prime, Transporter, XHD Prime, dan Suites Class.

Kali ini redaksi akan membandingkan dua pilihan bodi dari Laksana yaitu HD Prime dan Suites Class. Komparasi ini lebih merujuk pada kenyamanan dan tempat penyimpanan atau bagasi untuk penumpangnya.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, kalau berbicara soal kenyamanan, penumpang bakal lebih dimanjakan ketika naik bus dengan bodi Suites Class.

Baca juga: Kenapa Bangku Bus di Sisi Kanan Kerap Lebih Banyak?

Bus AKAP baru PO PalalaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Palala

Penumpang lebih nyaman karena bisa selonjoran, selain itu juga saling berjarak atau social distancing. Penumpang juga seperti mendapat kabin sendiri-sendiri, jadi lebih private,” ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Berbeda dengan bus yang HD Prime, memang bisa diatur kerenggangan antar baris bangku. Namun jika bangku direbahkan, bisa sedikit mengganggu penumpang yang ada di belakangnya.

Kemudian soal tempat penyimpanan, bodi HD Prime bisa dibilang punya bagasi yang lebih lega. Berbeda dengan Suites Class, bagasinya lebih sempit karena lantai kabinnya dibuat lebih rendah.

Baca juga: Konsumen Beli Fazzio Dipaksa Kredit, Begini Jawaban Yamaha

Kabin bus AKAP PO Sinar JayaDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP PO Sinar Jaya

“Suites Class bagasinya akan lebih rendah untuk mengakomodasi ruangan kabin yang bangkunya disusun bertumpuk,” kata Werry.

Memang, ketika berada di kabin Suites Class, penumpang leluasa berdiri karena tinggi. Namun untuk Suites Class, tidak ada bagasi kabin yang biasanya ada di atas kepala penumpang.

Jadi mau pilih yang mana, mengutamakan kenyamanan selama perjalanan bisa naik bus dengan bodi Suites Class.

Sedangkan, jika orang yang membawa banyak muatan, bus model HD Prime juga sudah cukup memadai untuk soal kenyamanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com