Respons Honda tentang Insentif PPnBM Tahun 2022

Kompas.com - 09/02/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) mendukung penuh perpanjangan program Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk sektor otomotif pada tahun ini.

Memang dibandingkan periode sebelumnya, pemberian insentif sangatlah selektif, yaitu untuk segmen Low Cost Green Car (LCGC) dan 1.500 cc di rentang harga Rp 200 juta - Rp 250 juta saja.

Tetapi, bila melihat tujuan dan pertimbangan pemerintah, rasanya putusan tersebut tepat, baik bagi kepentingan ekonomi, konsumen, maupun industri otomotif itu sendiri.

Baca juga: Pertimbangan Pemerintah Perpanjang Insentif PPnBM di Sektor Otomotif

Honda Mobilio 2019 Honda Mobilio 2019

Demikian dikatakan Director Business Innovation Marekting and Sales PT Honda Prospect Motor Yusak Billy saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

"Pada dasarnya, kami menyambut baik dan mendukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah karena pasti sudah mempertimbangkan berbagai kepentingan, baik di sisi ekonomi, konsumen, dan industri," katanya.

Saat ini, lanjut Billy, pihak perseroan bersama manufaktur terus memantau perkembangan program pemberian insentif PPnBM untuk periode 2022 tersebut.

Hal itu termasuk daftar resmi mengenai mobil yang lolos seleksi untuk dapat menikmati insentif dari Pemerintah RI. Sebab, terdapat perhitungan tentang local purchase minimum 80 persen.

Baca juga: Sudah Terbit, Ini Ketentuan Mobil Penerima Insentif PPnBM 2022

All new Honda Brio RS di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio RS di GIIAS 2018

"Kami belum bisa katakan (proyeksi produk yang mendapat insentif). Saat ini kami sedang menunggu daftar resmi tenang mobil yang mendapatkan relaksasi PPnBM yang akan dikeluarkan pemerintah," ujar dia.

Namun, apabila melihat dari daftar harga di laman resmi Honda Indonesia, sedikitnya terdapat dua produk yang berkemungkinan lolos seleksi untuk mendapatkan insentif PPnBM tahun 2022, yaitu Mobilio dan Brio (Satya dan RS).

Tak seperti kompetitornya, kedua produk terkait mendapat insentif untuk seluruh varian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.