Suasana Kabin All New Isuzu D-Max, Fungsional dan Kaya Fitur

Kompas.com - 08/02/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – All New Isuzu D-Max sudah meluncur di Indonesia sejak GIIAS 2021. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menargetkan D-Max untuk pasar komersial, seperti kendaraan operasional di daerah-daerah perkebunan atau pertambangan.

Sebelumnya, redaksi suda membahas mengenai eksteriornya yang berubah total. Misalnya di bagian depan, sudah menggunakan bumper, gril, dan lampu yang baru. Begitu juga di bagian belakang yang lampu kombinasinya sudah menggunakan LED.

Ketika masuk ke bagian kabinnya, terdapat pegangan tangan di pilar A yang memudahkan pengemudi atau penumpang masuk ke kabin. Pada bagian kabin ini juga sepenuhnya baru, tidak ada komponen dari D-Max generasi sebelumnya yang hadir.

Baca juga: Impresi Awal Menyetir All New Isuzu D-Max, Mesin Responsif

Kabin All New Isuzu D-MaxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin All New Isuzu D-Max

Mengenai tampilannya, redaksi merasa kalau soal desain, dasbor dan door trim dari D-Max ini bisa dibilang biasa saja, tapi mengutamakan fungsionalitas, sesuai segmen. Mengingat mobil yang dibanderol Rp 459,8 juta (Rodeo) ini ditujukan sebagai kendaraan kerja, jadi desain kabinnya tidak begitu jadi poin utama.

Redaksi menyukai apa yang ditampilkan pada instrument cluster D-Max yang memadukan jarum analog pada speedometer dan takometer dengan Multi Information Display (MID) yang informatif.

Pada layar MID, ditampilkan speedometer dalam format digital, jam, indikator posisi gigi transmisi, temperatur trip A dan B, grafik konsumsi bahan bakar, persentase tekanan pedal gas, visual roda penggerak, dan pengaturan.

Baca juga: Jangan Langsung Pindahkan Transmisi dari D ke P di Mobil Matik

Kabin All New Isuzu D-MaxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin All New Isuzu D-Max

Pengaturan MID ada di bagian setir sisi kanan, sedangkan tombol sebelah kiri bisa untuk mengatur head unit. Beralih ke bagian tengah, Isuzu menyematkan head unit berukuran 7 inci layar sentuh dengan berbagai fitur, salah satu yang paling menonjol adalah Android Auto.

Selevel di bawah head unit, terdapat pengaturan AC yang lengkap, mulai dari arah semburan, kecepatannya, sampai suhunya. Selain itu juga terdapat tombol rear defogger dan pengatur open/close air.

Masih di bagian tengah dasbor, terdapat power outlet yang bisa dipasang adaptor untuk mengisi daya telepon genggam. Sedangkan di sampingnya, ada kenop pengatur penggerak roda, mulai dari 2H, 4H, dan 4L.

Kabin All New Isuzu D-MaxKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin All New Isuzu D-Max

Selain itu, ada juga tombol fitur Hill Descent Control dan Rear Differential Locker yang posisinya ada di depan tuas transmisi. Sedangkan tombol traction control dan pengatur ketinggian lampu depan ada di sisi kanan dasbor.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.