Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Mesin Terbaru Isuzu mu-X dan D-Max yang Cuma 1.900 cc

Kompas.com - 20/11/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.comisuzu mu-X dan D-Max generasi terbaru hadir di Indonesia. Selain tampilan luar dan dalamnya yang berubah total, pada sektor mesin juga tidak kalah drastis perubahannya.

Jika dibandingkan dengan mesin generasi sebelumnya, mesin Isuzu mu-X dan D-Max terbaru berkurang 600 cc dari yang awalnya 2.500 cc menjadi 1.900 cc. Bahkan untuk D-Max, ketika generasi awal diperkenalkan, mesin yang digunakan lebih besar lagi, yakni 3.000 cc.

Lalu mengapa kubikasi mesin diesel pada mu-X dan D-Max jadi lebih kecil?

Baca juga: Tanpa Diskon PPnBM, Honda BR-V Terjual 2.100 Unit

SUV baru All New Isuzu Mu-X 1.9 Diesel meluncur di GIIAS 2021.KOMPAS.com/M Fathan Radityasani SUV baru All New Isuzu Mu-X 1.9 Diesel meluncur di GIIAS 2021.

Chief Operation PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation Yohanes Pratama mengatakan, berkurangnya kubikasi mesin adalah jawaban untuk melihat regulasi dan kompetisi yang ada saat ini.

“Sebelumnya, mesin kami hanya menghasilkan tenaga 136 PS. Sementara kedua teman yang bermain di segmen yang sama tenaganya lebih baik,” ucap Yohanes di Tangerang belum lama ini.

Jika dibandingkan, kedua pesaingnya memiliki tenaga sekitar 150 PS. Oleh karena itu, mesin Isuzu mu-X dan D-Max terbaru juga menghasilkan tenaga yang kurang lebih sama dengan mesin yang ukurannya lebih kecil dari pesaingnya.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik di GIIAS 2021, Mulai Rp 12 Jutaan

“Jadi kita akan pasang mesin dengan 150 PS tapi cc lebih compact. Sehingga fuel (bahan bakar) lebih irit,” kata Yohanes.

Untuk spesifikasinya, mesin 1.900 cc milik Isuzu ini sudah dipasangkan turbo dan intercooler. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 150 PS atau setara 147,9 TK di 3.600 rpm dan torsi 350 Nm di 1.800 rpm sampai 2.600 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com