Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Biaya Servis, Ini Harga dan Tipe Aki Motor Hybrid Yamaha Fazzio

Kompas.com - 06/02/2022, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMotor hybrid Yamaha Fazzio diklaim memiliki cara perawatan yang sama dengan skutik Yamaha lainnya. Pun begitu dengan biaya servis dan harga spare part yang diusungnya.

Aji Handoko, Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, peran aki pada Fazzio Hybrid Connected tak hanya sekadar menyalakan motor atau untuk komponen elektrikal lainnya.

Namun aki juga membantu tenaga motor pada akselerasi awal, lewat fitur yang dinamakan Electric Power Assist Start.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Gelar Enam Kali Ajang Balap Internasional

“Hybrid di sini maksudnya untuk power assist. Secara perawatannya sama dengan motor-motor lainnya. Bahkan item perawatannya sama, bahkan relatif komponennya juga sama,” ucap Aji, kepada wartawan di Bogor (3/2/2022).

“Sebetulnya yang membedakan programming-nya saja. Sehingga kalau perawatannya sama saja. Biaya perawatan berapa? Sebagai bahan acuan, kalau di flagship ini kami samakan dengan ongkos servisnya Freego, sebesar Rp 80.000,” kata dia.

Sementara mengenai tipe aki yang digunakan, Aji mengatakan, pada dasarnya aki pada Fazzio sama seperti skutik Yamaha lainnya.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini Fungsi Lampu Hazard di Sepeda Motor

Yamaha FazzioDok. YIMM Yamaha Fazzio

"Dibanding matik lain memang sedikit lebih besar, kita pakai 5,3 Ampere YTZ6T, sama yang dipakai Freego ABS, sama dengan tipe-tipe smart key yang lain, juga sama dengan R15. Jadi akinya, aki normal saja cuma kapasitasnya lebih besar dari yang lain," ujar Aji.

Sebagai informasi, tenaga dihasilkan dari gabungan mesin dan electric power assist bisa membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Untuk menjaga kondisi aki agar selalu berada dalam kinerja yang optimal, Yamaha menyematkan komponen Smart Motor Generator (SMG).

Baca juga: Catatan Waktu Dani Pedrosa di Shakedown Test Jadi Misteri

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

"Jadi di motor ini kita sudah lengkapi sistem yang namanya battery life charging, jadi pada kondisi tertentu misalnya voltasenya terlalu rendah itu dia akan mematikan sistem assist maupun start stop-nya sampai voltasenya kembali normal lagi dan bisa digunakan dengan normal," ucap Aji

"Dengan kondisi tersebut tentu baterai selalu terjaga kondisinya. Kalau umurnya dari hasil testing kita, kalau kita lihat sampai saat ini aman-aman saja, harusnya kalau kondisi baterai normal 2-3 tahun," tutur dia.

Aji juga menambahkan, mengenai harga aki, harga eceran tertinggi yang digunakan Yamaha Fazzio ialah sebesar Rp 287.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com