Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ford Daftarkan Paten Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil saat ini menawarkan beberapa transmisi manual modern, seperti yang ditawarkan oleh pabrikan Korea Selatan Hyundai, yakni transmisi manual tanpa pedal kopling.

Berkaca dari hal ini Ford, nampaknya juga tak ingin ketinggalan untuk menyajikan gaya baru dari transmisi manual. Hal ini dibuktikan dengan pengajuan paten yang dilakukan oleh pabrikan asal Amerika Serikat itu.

Dilansir dari laman The Drive, Minggu (6/2/2022), permohonan paten telah diajukan Ford ke United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada Desember 2018.

Akan tetapi, isi dokumen tersebut baru dipublikasikan November lalu, dan baru ditemukan dan dipublikasikan oleh web Muscle Cars & Trucks bulan ini.

Dalam paten tersebut dituliskan untuk “transmisi manual dengan sebuah kopling listrik,” di mana hidrolik pelepas kopling diberi tekanan oleh master silinder yang dioperasikan oleh aktuator elektronik.

Aktuator inilah yang menerima sinyal baik dari sensor tekanan pada shifter pola-H atau dari “override” yang terpasang pada pedal kopling, di mana akan dihubungkan ke kopling hanya secara elektronik.

Spekulasi mengatakan bahwa mekanisme tersebut dapat digunakan pada model S650 Mustang, meskipun mungkin juga akan dipasang pada kendaraan offroad Ford seperti Bronco. Namun, untuk mengaplikasikan inovasi tersebut butuh proses produksi yang panjang.

Hal ini dikarenakan, dengan perubahan teknologi tersebut, maka mekanisme yang selanjutnya digunakan akan lebih kompleks dan akan menaikkan biaya, memperumit servis, dan mungkin menurunkan beberapa hal.

Sementara itu, keuntungan dari pematenan ini adalah membuat operasi transmisi manual lebih mudah digunakan, serta lebih kompatibel dengan sistem hybrid.

Meski beberapa paten Ford baru-baru ini mengindikasikan bahwa aplikasi transmisi manual ke Mustang memang sedang dikerjakan. Namun, masih belum ada bukti secara konkret. Maka dari itu, kita harus bersabar menunggu Ford untuk secara resmi merilis informasi berikutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/06/151842415/ford-daftarkan-paten-transmisi-manual-tanpa-pedal-kopling

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke