Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berniat Ganti Ampere Aki Mobil yang Lebih Besar, Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 03/02/2022, 20:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai atau aki pada mobil merupakan komponen komponen penting untuk memulai kinerja mesin. Piranti penyimpan energi listrik ini memiliki besaran arus listrik atau ampere yang berbeda-beda.

Perbedaan ukuran ampere inilah yang kemudian memunculkan anggapan, jika akumulator dengan ukuran ampere yang lebih besar akan menghasilkan listrik yang lebih bagus. Sehingga banyak yang berpikir bahwa hal itu juga akan bagus untuk menjaga arus listrik pada mobil.

Baca juga: Benarkah Aki Kering Tidak Perlu Perawatan?

Lantas benarkan demikian?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, kapasitas ampere yang lebih besar tentunya akan menghasilkan listrik yang lebih bagus.

“Namun kembali kepada kapasitas alternator apakah mampu menghasilkan ampere aki yang besar. Sebab jika tidak, risiko aki tekor karena tidak dapat mengisi sesuai kapasitasnya,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/2/2022).

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Misalkan, sebelumnya mobil menggunakan aki dengan ukuran 45 ampere kemudian diganti menjadi 60 ampere. Biasanya alternator hanya bekerja untuk mengisi arus listrik ke aki standar. Kemudian diganti menjadi yang lebih besar maka kerja aki akan menjadi lebih berat.

Dengan beban kerja yang lebih tinggi tersebut, dinamo ampere juga akan lebih cepat mengalami kerusakan.

Baca juga: Harga Aki Motor per Februari 2022

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menambahkan, mengganti aki sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi mesin atau yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Sebab menurutnya, mengganti baterai dengan ukuran ampere yang lebih besar tidak serta merta akan membuat kinerja mesin menjadi lebih bagus.

“Biasanya mengganti yang lebih besar itu karena sudah ada modifikasi untuk perangkat di dalam mobil. Misalkan dengan menambahkan audio atau perangkat yang lainnya. Tapi, kalau mengganti baterai akan membuat power atau tenaga mesin meningkat itu tidak,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com