Berniat Ganti Ampere Aki Mobil yang Lebih Besar, Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 03/02/2022, 20:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai atau aki pada mobil merupakan komponen komponen penting untuk memulai kinerja mesin. Piranti penyimpan energi listrik ini memiliki besaran arus listrik atau ampere yang berbeda-beda.

Perbedaan ukuran ampere inilah yang kemudian memunculkan anggapan, jika akumulator dengan ukuran ampere yang lebih besar akan menghasilkan listrik yang lebih bagus. Sehingga banyak yang berpikir bahwa hal itu juga akan bagus untuk menjaga arus listrik pada mobil.

Baca juga: Benarkah Aki Kering Tidak Perlu Perawatan?

Lantas benarkan demikian?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, kapasitas ampere yang lebih besar tentunya akan menghasilkan listrik yang lebih bagus.

“Namun kembali kepada kapasitas alternator apakah mampu menghasilkan ampere aki yang besar. Sebab jika tidak, risiko aki tekor karena tidak dapat mengisi sesuai kapasitasnya,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/2/2022).

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Misalkan, sebelumnya mobil menggunakan aki dengan ukuran 45 ampere kemudian diganti menjadi 60 ampere. Biasanya alternator hanya bekerja untuk mengisi arus listrik ke aki standar. Kemudian diganti menjadi yang lebih besar maka kerja aki akan menjadi lebih berat.

Dengan beban kerja yang lebih tinggi tersebut, dinamo ampere juga akan lebih cepat mengalami kerusakan.

Baca juga: Harga Aki Motor per Februari 2022

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menambahkan, mengganti aki sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi mesin atau yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Sebab menurutnya, mengganti baterai dengan ukuran ampere yang lebih besar tidak serta merta akan membuat kinerja mesin menjadi lebih bagus.

“Biasanya mengganti yang lebih besar itu karena sudah ada modifikasi untuk perangkat di dalam mobil. Misalkan dengan menambahkan audio atau perangkat yang lainnya. Tapi, kalau mengganti baterai akan membuat power atau tenaga mesin meningkat itu tidak,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.