Pakai Mesin Serupa, Apa Bedanya Honda Vario 160 dan PCX 160?

Kompas.com - 03/02/2022, 07:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda PCX 160 resmi meluncur di Indonesia. Skutik baru tersebut mengusung mesin yang lebih besar yang diadopsi dari saudaranya yakni PCX 160.

Meski basis mesinnya sama tapi tidak semuanya sama persis. Tetap ada pembedanya meski dapat dikatakan tidak terlalu banyak.

Reza Rezdie S, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, secara teknologi mesin Vario 160 dan PCX 160 sama, perbedaannya terletak di bagian CVT.

Baca juga: Mulai Peduli dengan Emisi, Konsumsi Pertamax dan Dexlite Naik

Honda PCX 160Kompas.com/Donny Honda PCX 160

"Untuk bagian mesin di CVT itu beda, ada penyesuaian mengikuti kebutuhan motornya. Variable transmisi (Vario 160) tidak sama dengan PCX 160," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).

"Kalau sama PCX 160 secara fisik tidak kelihatan ya. Tapi diameter puli depan dan belakang dia berbeda dengan PCX 160. Walaupun roller-nya bentuknya beda tapi beratnya sama," katanya. 

Perbedaannya kata Reza terasa ditarikan. Akselerasi Vario 160 diklaim lebih responsif karena disesuaikan dengan karakter motor yang dipakai buat kondisi stop and go.

"Hasilnya Vario 160 lebih responsif. Main di bawah menengah," kata Reza.

"Kebutuhan motor ini segmentasinya lebih banyak daily use, tapi konsumen ingin bergaya sporty. Jadi yang ditekankan di motor ini ialah powernya sudah berasa dari awal," katanya.

Baca juga: Kebiasaan Salah, Nyalakan Lampu Hazard Saat Masuk Terowongan

All New Honda Vario 160Foto: AHM All New Honda Vario 160

Honda Vario 160 mengusung mesin 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan serupa punya PCX 160. Mesin menghasilkan tenaga 11,3 kW pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Di atas kertas tenaga Vario 160 sedikit lebih kecil ketimbang PCX 160. Di mana bore x stroke 60 x 55,5 mm mampu menghasilkan 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

"Untuk teknologinya sama persis, tapi PGM-FI ada penyesuaian. Sistem knalpot sama hanya beda desain," kata Reza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.