Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kecelakaan karena Pengendara Kurang Waspada

Kompas.com - 29/01/2022, 18:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan ini, banyak tersebar video kecelakaan motor yang diunggah ke Instagram. Salah satu kecelakaannya adalah tabrakan motor di persimpangan, antara kendaraan yang mau masuk gang dan motor yang jalan lurus.

Bisa dilihat pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia, terlihat ada seorang pengendara motor yang posisinya mau masuk ke gang. Namun dari arah berlawanan, motor lain datang dan malah menabrak kendaraan yang mau belok.

Menanggapi kejadian tadi, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, menurutnya kecelakaan tersebut terjadi karena masih banyak pengendara yang cuma bisa tarik gas, tapi tidak bisa manuver dengan baik.

Baca juga: Catat, Tips Hadapi Modus Penipuan Berkedok Tabrak Lari

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

“Padahal jika pengendara tersebut segera manuver ke kanan, maka kecelakaan tadi tidak akan terjadi,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (29/1/2022).

Bisa dibilang kalau pengendara tadi tidak bisa mengantisipasi bahaya yang ada di depannya. Selain itu, bisa dilihat kalau kemampuan pengendara yang menabrak kemampuan berkendaranya masih sangat kurang.

Baca juga: Mobil Pecah Ban di Jalan Tol, Jangan Langsung Injak Rem

“Harusnya dia bisa segera antisipasi ketika ada motor tiba-tiba masuk ke pertigaan, bisa manuver ke kanan. Kalau jalannya sempit, pengendara harus segera rem dari jauh,” kata Agus.

Menurut Agus, jika memang tidak mau memberi jalan untuk kendaraan lain yang mau masuk gang, bisa dengan menekan klakson dan lampu jauh sebagai kode. Namun akan lebih baik lagi dan aman dilakukan, yakni mengurangi kecepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com