Ini yang Harus Dilakukan Pengemudi Agar Terhindar dari Pemerasan Berkedok Tabrak Lari

Kompas.com - 29/01/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, ada berbagai hal tidak mengenakkan yang bisa terjadi pada pengemudi. Baru-baru ini, viral di media sosial dugaan modus pemerasan berkedok tabrak lari.

Kejadian ini bisa menjadi hal yang sangat merugikan pengemudi, khususnya jika pengemudi tidak memiliki bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa pengemudi tidak menabrak.

Masih banyak orang juga belum tahu pentingnya kamera dasbor atau dashcam pada mobil, untuk merekam kondisi sekitar mobil selama perjalanan berlangsung.

Padahal, hasil rekaman tersebut sangat berguna untuk dijadikan barang bukti, ketika ada kejadian yang berpotensi merugikan pengemudi.

Baca juga: Pemerasan Berkedok Tabrak Lari, Ini Pentingnya Dashcam di Mobil

Menyikapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, ada beberapa tindakan preventif yang bisa dilakukan untuk menghindari hal ini.

Ia menjelaskan, pengemudi mobil harus lebih berhati-hati lagi terhadap serangan kejahatan yang mungkin terjadi selama perjalanan.

"Selain memilih-milih waktu dan rute perjalanan, juga menjaga kecepatan dan jarak sehingga mereka tidak mudah menuduh," kata Sony pada Kompas.com, Sabtu (29/1/2022).

Penting bagi pengemudi untuk menjaga agar mobil melaju dalam kecepatan yang aman, untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan kecelakaan, khususnya di jalan yang ramai dan banyak pejalan kaki.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

Sony mengatakan modus ini masih tergolong baru. Sehingga, kemungkinan pelaku berhasil melancarkan aksinya sangat tinggi.

"Karena modus ini masih baru, maka efektif untuk pelaku melakukan aksi kejahatannya. Dan ngerinya, masyarakat di kita mudah tersulut emosi tanpa melihat dulu ceritanya," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.