Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Meninggalkan Anak Sendirian di Mobil

Kompas.com - 29/01/2022, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, viral video di media sosial insiden anak terkunci di dalam mobil. Kejadian ini membuat kepanikan hingga akhirnya mobil harus dibuka paksa.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @officialdamkardepok. Menurut keterangan pada video tersebut, seorang anak balita laki-laki usia kurang lebih 4 tahun terjebak di mobil sedan di kawasan Grand Depok City, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Langkah Aman Memecahkan Kaca Saat Anak Terkunci di Dalam Mobil

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, pengemudi saat meninggalkan tempat duduk wajib mematikan mesin dan kunci kontak dibawa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Official Damkar Depok (@officialdamkardepok)

"Anak adalah harta berharga. Handphone, laptop, dan lain-lain saja tidak boleh ditinggal di kabin, apalagi anak," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sony menambahkan, anak kecil itu cenderung suka mengutak-atik tombol yang ada di kabin dan bisa mengunci pintu tanpa mengerti cara membukanya. Jadi, jangan percayakan anak untuk ditinggal sendirian di dalam mobil.

Baca juga: Panik, Anak Tertidur dan Terkunci di Dalam Mobil

"Dekat atau sebentar, itu tidak bisa jadi jaminan keamanan meninggalkan anak di kabin," kata Sony.

Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.

Dengan anak terkunci di mobil, bahayanya juga fatal, dapat menyebabkan kematian. Jika hanya sebentar, anak mungkin bisa trauma.

Tapi, jika sampai waktu yang lama, anak bisa saja kehabisan oksigen. Apalagi, akan semakin parah jika terjadi pada siang hari, di mana temperatur di dalam kabin bisa sangat tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com