Panik, Anak Tertidur dan Terkunci di Dalam Mobil - Kompas.com

Panik, Anak Tertidur dan Terkunci di Dalam Mobil

Kompas.com - 29/01/2019, 11:32 WIB
Ilustrasi kunci mobil tertinggal di dalam car from japan Ilustrasi kunci mobil tertinggal di dalam

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian kunci tertinggal di dalam mobil yang terkunci jelas membuat panik pemilik mobil. Terlebih bila di dalam mobil ternyata ada anak kecil yang belum paham bagaimana mekanisme membuat kunci pintu dari dalam.

Ini yang diperlihatkan dalam video yang tengah viral di media sosial. Kejadian yang berlangsung Kamis (24/1/2019) tersebut terjadi di Medan dan menimpa sepasang suami istri,

Awal cerita suami istri tersebut meninggalkan si anak di dalam mobil Toyota Fortuner dalam kondisi menyala ke tempat fotokopi. Setelah kembali mereka panik karena mobil dalam kondisi terkunci dengan kunci berada di dalam bersama sang anak.

Si anak pun dikatakan diam tidak bergerak meski sudah dipanggil-panggil dari luar. Kondisi ini membuat masyarakat sekitar penasaran dan akhirnya ikut membantu.

Meski tidak diberitahukan caranya, akhirnya pintu dapat terbuka. Beruntung kondisi sang anak baik-baik saja dan dia hanya tertidur pulas di dalam mobil.

Baca juga: Bosch Ubah Ponsel Jadi Kunci Mobil

Kebiasaan Buruk

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi angkat bicara mengenai masalah di video tersebut. Menurutnya tidak ada mekanisme mobil terkunci sendiri dalam keadaan ditinggal pemiliknya dalam kondisi menyala.

Mobil tidak akan mengunci sendiri dalam keadaan diam. Beberapa model ada yang automatic lock bila mobil bergerak 20 kilometer per jam,” ucap Didi saat dihubungi Selasa (29/1/2019).

Menurut Didi kemungkinan mobil terkunci karena memang dilakukan dari dalam kendaraan. Dalam hal ini bisa jadi si anak yang mengunci pintu kendaraan atau tidak sengaja tersentuh tombol penguncinya.

Didi menyarankan, kebiasaan meninggalkan kendaraan dalam kondisi menyala dengan anak kecil di dalamnya tidak dilakukan. Hal tersebut mengandung banyak faktor yang bisa mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan seperti kriminalitas dan isu keselamatan lainnya.

“Atau kejadian yang tengah viral tersebut. Meninggalkan mobil walau sebentar harus dipastikan mobil terkunci dari luar dan kunci dibawa. Kalau sudah kejadian kunci tertinggal, bisa pakai kunci cadangan tapi kalau darurat mau tidak mau harus memecahkan kaca,” ucap Didi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Anak terkunci didalam mobil tak sadar sempat heboh dan buat jalan macet. Kronologis kejadian menurut pengirim video, orang tua parkir mobil dipinggir jalan untuk fotokopi dan anak tertinggal didalam mobil. Saat orang tua balik, anak dimobil tidak respon dan tidak buka pintu. Pintu mobil terkunci dan kunci mobil didalam maka tidak bisa dibuka dari luar. Warga setempat membantu ketok dan pukul kaca, sampai goyang mobilnya sana sini, namun anak didalam juga tidak bergerak dan tidak sadar. Warga terpaksa bantu pecahkan kaca mobil. Rupanya anak tertidur dan baru bangun dan sadar saat dipegang orang tuanya. Anak malah kaget dan bingung dengan keramaian sekitar. Ternyata orang tua meninggalkan mobil cukup lama, di tempat foto copy. Kejadian pada malam hari 24 Jan 2019 . Semoga informasi kejadian ini memberikan pelajaran buat kita semua. Untuk tidak meninggalkan anak kecil didalam mobil bagaimanapun ceritanya karena tidak bisa prediksi apa yang bisa terjadi. Laporan video dikirim oleh #kawanmedantalk @sriayusundari_ai ke @medantalk . . •• Punya foto/video yang anda ingin berbagi? Silakan LINE ke @medantalk untuk di sharing bersama •• Follow @MakanTalk untuk info wisata kuliner •• Follow @OtomTalk untuk video otomotif lainnya •• Mau cari kost / rumah? Inspirasi design? Follow @RumahTalk •• Untuk Medan Punya Cerita Follow @medanku •• Bingung Cari Kerja atau Cari karyawan? Cek info Lowongan Kerja. Follow @KarirGram . #berita #kecelakaan #accident #accidents #otomtalk #medan #medanpunyacerita #medantalk #medanku

A post shared by Medan Talk (@medantalk) on Jan 27, 2019 at 5:23am PST

 



Close Ads X