Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miguel Oliveira Optimistis Motor KTM RC16 2022 Lebih Kompetitif

Kompas.com - 28/01/2022, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Red Bull KTM resmi melansir tim dan motor baru untuk musim 2022. Kini tim bersiap untuk melakukan tes pramusim di Sepang, Malaysia, awal Februari mendatang.

Pebalap asal Portugal, Miguel Oliveira, mengatakan, menghadapi tes pramusim secara teknis motor KTM RC16 musim ini mengalami ubahan dari musim lalu. Alasan ini membuat persiapan lanjutan harus terus ditingkatkan.

“Secara teknis motor akan mengalami beberapa perubahan, beberapa evolusi dalam hal perangkat keras murni motor dan hal utama yang kami ingin tingkatkan adalah pada set-up,” katanya mengutip Crash.net, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: Putar Setir Saat Manuver Enggak Perlu Sampai Mentok

Red Bull KTM Factory RacingDok. KTM Red Bull KTM Factory Racing

Oliveira mengatakan, percaya bahwa suku cadang baru akan banyak membantu motor lebih cepat. Kemudian juga membantu pembalap menguasai motor dengan lebih baik.

“Kami percaya masih ada banyak ruang untuk menemukan kecepatan dan konsistensi lebih dalam balapan dengan paket saat ini dan beberapa perubahan kecil dapat menghasilkan hasil yang jauh lebih baik," katanya.

Oliveira mengatakan, sebetulnya motor tahun lalu sudah lebih baik dari pada 2020, tapi sayangnya tak terlihat dari hasil para pebalap. Jadi, mesti ada pendekatan baru untuk mengembangkan motor.

Baca juga: Sopir Mengantuk, Truk Terguling di Tol Tangerang-Merak

Red Bull KTM Factory RacingDok. KTM Red Bull KTM Factory Racing

Oliveira mengatakan salah satu masalah utama KTM ialah traksi roda belakang dan roda depan jika pakai kompon ban lebih. 

“Itu adalah salah satu masalah (tahun lalu). Saya cukup sensitif terhadap ini, perubahan tekanan. Itu ada di dalam departemen pengkondisian ban dan juga set-up motor,” kata Oliveira.

“Saya akan mengatakan ini adalah dua hal yang sekarang harus kami coba dan temukan solusi untuk membuat saya merasa seperti saya masih bisa menghentikan motor, dan tidak memaksa motor untuk berbelok," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com