Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyulitkan Diri Sendiri, Yamaha R15 Dimodif Super Jangkung

Kompas.com - 23/01/2022, 07:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika biasanya orang memodifikasi sepeda motor jadi ceper maka berbeda dengan yang satu ini. Pemiliknya justru memodifikasi motornya jadi jangkung.

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun TikTok Nasional Banyuwangi, tak tanggung-tanggung motor tersebut ialah motor sport Yamaha R15 dengan warna kuning terang.

Dalam video terlihat motor selesai mengisi bensin di SPBU. Kemudian yang pertama naik ialah pembonceng yang tampak sudah terbiasa. Baru kemudian menyusul sang pengendara.

Baca juga: Seberapa Laris Mobil Asal Tiongkok di 2021?

https://www.tiktok.com/@nasionalbanyuwangi/video/7040100855030304027?is_from_webapp=1&sender_device=pc&web_id6903023049630975490

 

Menariknya ialah teknik pengendara tersebut naik ke atas sadel atau jok. Motornya sedikit diajak jalan sambil kakinya naik di atas foot step. Setelah itu baru kaki kanan menyilang ke atas tangki.

Teknik ini mirip-mirip atau setidaknya kerap dilakukan oleh pengendara sepeda onthel.

Dalam video yang sudah ditonton 30 juta kali dengan jumlah penyuka 1,2 juta tersebut, banyak netizen yang bertanya bagaimana jika sedang ada di lampu merah atau kondisi macet.

Sebab dengan kaki yang tidak bisa menapak langsung ke bumi akan kesulitan untuk mempertahankan keseimbangan saat macet atau di menunggu lampu merah.

Baca juga: Toyota Yaris Jr Ikut Mejeng di Tokyo Auto Salon 2022

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, memodifikasi sepeda motor sah-sah saja. Namun, dalam memodifikasi atau mengubah bagian pada motor sebaiknya mempertimbangkan sisi keamanan pada motor tersebut.

Modifikasi Yamaha R15 super jangkung yang viralDok. @rendiprasatyaofficial Modifikasi Yamaha R15 super jangkung yang viral

"Jangan sampai unit motor yang dimodifikasi justru membuat bahaya bagi pengendaranya," kata Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus menambahkan, sepeda motor yang dikeluarkan oleh ATPM telah melalui uji kelayakan dan juga telah diperhitungkan bahan material, beban maksimal, keseimbangan motor, dan lainnya.

Baca juga: Berkaca dari Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan, Harus Ada Pelatihan buat Sopir

"Sehingga, jika ingin mengubah motor, sebaiknya juga harus memikirkan hal tersebut. Jangan hanya ingin terlihat keren, tapi malah membahayakan saat motor dikendarai di jalan raya," ujar Agus.

Pemilik motor itu ialah Rendy Januari Aditia Prasatya. Pada unggahan di akun Instagram @rendiprasatyaofficial, dia menyebut motor ini hanya untuk konten TikTok, jangan ditiru tingginya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com