Diduga Rem Blong, Truk Tronton Tabrak Banyak Kendaraan di Rapak Balikpapan

Kompas.com - 21/01/2022, 10:16 WIB
Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. IstimewaTangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekaman video yang memperlihatkan truk tronton menabrak banyak kendaraan yang berada di depannya saat hendak melintas di persimpangan viral di media sosial.

Kecelakaan beruntun tersebut terjadi di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) sekitar pukul 06.15 Wita.

Dirlantas Polda Kaltim Kombes Sony Irawan mengatakan, berdasarkan rekaman CCTV, kejadian itu diduga karena satu unit kendaraan tronton saat menuruni jalur itu mengalami rem blong.

Baca juga: Kecelakaan Akibat Rem Blong, Bukan Salah Sopir Semata

Akibatnya, truk menabrak enam unit mobil dan 10 sepeda motor yang sedang berhenti menunggu penggantian lampu merah.

“Laju kendaraan itu (menabrak) sampai kurang lebih sejauh 100 meter,” ucap Sony dikutip dari Kompas.com, Jumat (21/1/2022).

Setidaknya lima orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan ini, sedangkan jumlah korban luka-luka masih di data polisi.

Kecelakaan akibat kendaraan besar seperti truk atau bus yang mengalami rem blong memang sudah kerap terjadi. Penyebabnya pun beragam, bisa disebabkan dari kelalaian pengemudi hingga kelebihan beban muatan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, beban yang dibawa oleh sebuah kendaraan sangat berpengaruh pada sistem pengereman.

Tidak jarang berat beban tersebut membuat rem blong atau pengereman yang tidak berfungsi secara maksimal.

“Menurut saya, lebih pada segi perawatan dan juga beban kendaraan. Kalau beban yang dibawa melebihi batas, pastinya kinerja rem juga akan lebih berat,” ujar Didi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.