Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Ini Alasan Rossi Tinggalkan Yamaha dan Pindah ke Ducati

Kompas.com - 21/01/2022, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pindah dari Honda ke Yamaha pada 2004 nama Valentino Rossi lekat dengan Yamaha. Sampai akhir kariernya pada 2021 Rossi masih di Yamaha.

Meski demikian ada tahun di mana Rossi berpaling dari Yamaha dan pindah ke Ducati pada 2011. The Doctor akhirnya mengaku pindah karena kesal dengan Yamaha dan Jorge Lorenzo.

Baca juga: Terios 7 Wonders Jajal Ketangguhan SUV di Ibu Kota Negara Nusantara

Dalam wawancara bersama Graham Besinger, pembalap asal Tavullia itu mengatakan perceraian pertamanya dengan Yamaha tak lain berhubungan dengan Lorenzo.

Kepala mekanik kawakan, Ramon Forcada, digendong Jorge Lorenzo seusai kemenangan pebalap Yamaha itu di MotoGP Catalunya 2013.AFP/QUIQUE GARCIA Kepala mekanik kawakan, Ramon Forcada, digendong Jorge Lorenzo seusai kemenangan pebalap Yamaha itu di MotoGP Catalunya 2013.

“Kami mengalami saat-saat yang sangat sulit sejak Barcelona 2009. Pada saat itu, setelah kemenangan saya, ada perpecahan yang jelas dalam tim antara dua departemen teknis dan juga di antara kami para pembalap," kata Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (21/1/2022).

"Yamaha telah memilih untuk fokus pada dua pebalap papan atas, dan saya sangat marah karena mereka pada dasarnya memutuskan untuk menyamakan saya dengan pembalap lain,” ungkapnya.

Tapi perjalanan Rossi di Ducati rupanya tidak mulus. Selama dua musim dia tidak bisa menjinakkan Desmosedici. Ubahan teknis motor berubah sejak ditinggal Casey Stoner yang pindah ke Honda.

Baca juga: Penjelasan Toyota Soal Soal Kemunculan Veloz Cross di Media Sosial

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales (Spanyol, kanan) dan Valentino Rossi (Italia), menghadiri konferensi pers setelah sesi kualifikasi GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (20/5/2017).MOTOGP.COM Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales (Spanyol, kanan) dan Valentino Rossi (Italia), menghadiri konferensi pers setelah sesi kualifikasi GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (20/5/2017).

“Hubungan dengan Lorenzo sangat buruk, dan ini membuat saya memutuskan ikatan dengan tim dan pindah ke Ducati," ungkapnya.

"Saya kecewa karena para insinyur Jepang yang saya miliki di Yamaha pada tahun-tahun awal berhenti mendukung saya. Saya mengerti bahwa semua orang mulai menyukai Lorenzo, jelas bahwa sekarang mereka fokus padanya,” katanya.

Namun kepindahannya ke Ducati harus dibayar mahal. Frustasi tidak bisa tampil kompetitif bersama pabrikan Borgo Panigale, Rossi akhirnya kembali ke Yamaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com