Terungkap, Ini Alasan Rossi Tinggalkan Yamaha dan Pindah ke Ducati

Kompas.com - 21/01/2022, 16:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pindah dari Honda ke Yamaha pada 2004 nama Valentino Rossi lekat dengan Yamaha. Sampai akhir kariernya pada 2021 Rossi masih di Yamaha.

Meski demikian ada tahun di mana Rossi berpaling dari Yamaha dan pindah ke Ducati pada 2011. The Doctor akhirnya mengaku pindah karena kesal dengan Yamaha dan Jorge Lorenzo.

Baca juga: Terios 7 Wonders Jajal Ketangguhan SUV di Ibu Kota Negara Nusantara

Dalam wawancara bersama Graham Besinger, pembalap asal Tavullia itu mengatakan perceraian pertamanya dengan Yamaha tak lain berhubungan dengan Lorenzo.

Kepala mekanik kawakan, Ramon Forcada, digendong Jorge Lorenzo seusai kemenangan pebalap Yamaha itu di MotoGP Catalunya 2013.AFP/QUIQUE GARCIA Kepala mekanik kawakan, Ramon Forcada, digendong Jorge Lorenzo seusai kemenangan pebalap Yamaha itu di MotoGP Catalunya 2013.

“Kami mengalami saat-saat yang sangat sulit sejak Barcelona 2009. Pada saat itu, setelah kemenangan saya, ada perpecahan yang jelas dalam tim antara dua departemen teknis dan juga di antara kami para pembalap," kata Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Jumat (21/1/2022).

"Yamaha telah memilih untuk fokus pada dua pebalap papan atas, dan saya sangat marah karena mereka pada dasarnya memutuskan untuk menyamakan saya dengan pembalap lain,” ungkapnya.

Tapi perjalanan Rossi di Ducati rupanya tidak mulus. Selama dua musim dia tidak bisa menjinakkan Desmosedici. Ubahan teknis motor berubah sejak ditinggal Casey Stoner yang pindah ke Honda.

Baca juga: Penjelasan Toyota Soal Soal Kemunculan Veloz Cross di Media Sosial

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales (Spanyol, kanan) dan Valentino Rossi (Italia), menghadiri konferensi pers setelah sesi kualifikasi GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (20/5/2017).MOTOGP.COM Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales (Spanyol, kanan) dan Valentino Rossi (Italia), menghadiri konferensi pers setelah sesi kualifikasi GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (20/5/2017).

“Hubungan dengan Lorenzo sangat buruk, dan ini membuat saya memutuskan ikatan dengan tim dan pindah ke Ducati," ungkapnya.

"Saya kecewa karena para insinyur Jepang yang saya miliki di Yamaha pada tahun-tahun awal berhenti mendukung saya. Saya mengerti bahwa semua orang mulai menyukai Lorenzo, jelas bahwa sekarang mereka fokus padanya,” katanya.

Namun kepindahannya ke Ducati harus dibayar mahal. Frustasi tidak bisa tampil kompetitif bersama pabrikan Borgo Panigale, Rossi akhirnya kembali ke Yamaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.