Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Nyaman, Toyota All New Avanza atau All New Veloz?

Kompas.com - 11/12/2021, 12:42 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Bali, KOMPAS.com - Toyota All New Avanza dan All New Veloz merupakan species yang berbeda. Toyota membedakan keduanya dengan identitas eksterior dan interior yang cukup jelas.

Kendati demikian, kedua MPV sejuta umat ini dibangun dari platform yang sama. Baik struktur sasis maupun sistem kaki-kaki.

Baca juga: Tes Menanjak Toyota All New Avanza FWD

Namun setelah awak redaksi melakukan uji coba di Pulau Dewata, 7-9 Desember 2021 lalu, ternyata ditemukan adanya perbedaan dalam hal kenyamanan terutama pada kinerja suspensi.

Test suspensi Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021toyota Test suspensi Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021

Tipe suspensi sama-sama menggunakan macpherson strut untuk depan dan torsion beam di belakang. Namun pada kenyataannya antara Avanza dan Veloz punya karakter berbeda ketika digunakan.

Baca juga: Rem Belakang Veloz Sudah Cakram, Mengapa Avanza Masih Tromol?

Pengujian dilakukan di beragam jenis karakter jalan mulai dari kontur bergelombang, aspal rusak berlubang, hingga manuver di tikungan. Saat tes mobil diisi 4 orang dengan total berat sekitar 320 kg.

Siapa lebih nyaman?

Avanza memiliki karakter ayunan suspensi yang lebih rigid dibanding Veloz. Bahkan jika dibandingkan versi sebelumnya ayunan suspensi Avanza terasa adanya perbaikan dan lebih nyaman.

Toyota All New Avanza 2021toyota Toyota All New Avanza 2021

Berbeda dengan Veloz yang menyajikan ayunan suspensi yang lebih halus dari Avanza. Hal tersebut ternyata juga sedikit menimbulkan rasa limbung saat melintas di jalan bergelombang.

Sebuah pertanyaan besar, dengan sistem suspensi yang sama, kenapa antara Avanza dan Veloz punya karakter ayunan yang berbeda. Setelah ditelisik, ternyata keduanya menggunakan shock absorber dan per dengan part number yang berbeda.

Jalan rusak

Temuan perbedaan lain antara Avanza dan Veloz adalah ketika melewati aspal rusak dan berlubang.

Toyota All New Veloz 2021toyota Toyota All New Veloz 2021

Efek benturan saat ban menabrak lubang yang terjadi pada Avanza relatif tidak begitu keras dibanding Veloz.

Ternyata hal tersebut merupakan impak dari penggunaan ketebalan profil ban. Avanza menggunakan ban ukuran 195/60 R16, sedangkan Veloz 205/50 R17.

Merupakan kewajaran dan begitulah efek yang timbul ketika menggunakan profil ban tebal dan tipis. Jika ingin mengurangi efek benturan agar tidak lebih keras cukup ganti ban menggunakan profil 60 atau lebih.

Ban Toyota All New Avanza 2021toyota Ban Toyota All New Avanza 2021

Namun bukan berarti penggunaan profil tipis itu tidak baik, karena semakin tipis dan lebar profil ban, efeknya mampu meningkatkan stabilitas mobil saat bermanuver.

Hal tersebut juga dibuktikan saat awak redaksi coba bermanuver di salah satu tikungan jalan tol Bali Mandara dengan kecepatan 60 kpj. Pada momen ini jelas Veloz lebih superior dibanding Avanza karena menggunakan tapak lebar dan profil tipis.

Ban Toyota All New Veloz 2021toyota Ban Toyota All New Veloz 2021

Hal tersebut disebabkan area yang menempel pada aspal lebih besar dan juga minimnya efek pelipatan ban.

Jadi, Anda pilih Avanza atau Veloz? Semoga hasil uji ini bisa memberikan sedikit informasi bagi Anda yang masih bingung memilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com