Mulai Februari Mendatang, Sirkuit Formula E di Ancol Bakal Dibangun

Kompas.com - 13/01/2022, 17:11 WIB
Gambaran Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021) Dok PT Jakarta PropertindoGambaran Sirkuit Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021)
|

JAKARTA, KOMPAS.comFormula E Jakarta dijadwalkan bakal digelar pada 4 Juni 2022. Lokasinya pun telah ditentukan, yakni di kawasan Ancol. Rencananya sebuah sirkuit jalan raya bakal dibangun di sana pada awal tahun ini.

Gunung Kartiko, Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo sekaligus Managing Director Formula E, mengatakan, pihaknya akan mulai membangun sirkuit Formula E pada awal Februari 2022.

"Awal Februari (akan mulai dibangun sirkuit)," ujar Gunung, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Sirkuit Formula E di Ancol Akan Mulai Dibangun Awal Februari 2022

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Gunung mengatakan, pihaknya masih memiliki banyak waktu untuk membangun sirkuit tersebut. Sebelum membangun sirkuit, pihaknya saat ini masih memproses lelang yang akan selesai pada akhir Januari.

"Kalau dipikir dari Juni tarik ke depan kan masih cukup waktunya," ucap Gunung.

Sebelumnya, Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni, mengatakan, sirkuit untuk Formula E akan segera dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile).

Baca juga: Presiden Jokowi Jajal Jalan Bypass BIL-Mandalika Pakai Motor Custom

Jalan yang akan digunakan untuk sirkuit Formula E Jakarta 2022, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Jalan yang akan digunakan untuk sirkuit Formula E Jakarta 2022, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

Menurutnya, rencana pembangunan sirkuit bakal rampung dilakukan pada April mendatang. Sementara itu, untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen. Sehingga, hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang.

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan trek akan dapat dilakukan dengan cepat," ujar Sahroni, beberapa waktu lalu.

“Hal yang perlu ditegaskan juga bahwa dalam pembangunan ini tidak ada dana APBD maupun PMD yang digunakan. Jadi, semuanya hanya dari Jakpro dan sponsor, dengan trek yang permanen sehingga dapat digunakan untuk berbagai event autosport sepanjang tahun,” kata dia.

Nantinya, sirkuit ini disebutkan akan memiliki panjang lintasan hingga 2,4 km dan lebar lintasan 12 meter. Trek yang mengikuti arah jarum jam ini memiliki panjang trek lurus mencapai 600 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.