Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Februari Mendatang, Sirkuit Formula E di Ancol Bakal Dibangun

JAKARTA, KOMPAS.com – Formula E Jakarta dijadwalkan bakal digelar pada 4 Juni 2022. Lokasinya pun telah ditentukan, yakni di kawasan Ancol. Rencananya sebuah sirkuit jalan raya bakal dibangun di sana pada awal tahun ini.

Gunung Kartiko, Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo sekaligus Managing Director Formula E, mengatakan, pihaknya akan mulai membangun sirkuit Formula E pada awal Februari 2022.

"Awal Februari (akan mulai dibangun sirkuit)," ujar Gunung, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Gunung mengatakan, pihaknya masih memiliki banyak waktu untuk membangun sirkuit tersebut. Sebelum membangun sirkuit, pihaknya saat ini masih memproses lelang yang akan selesai pada akhir Januari.

"Kalau dipikir dari Juni tarik ke depan kan masih cukup waktunya," ucap Gunung.

Sebelumnya, Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni, mengatakan, sirkuit untuk Formula E akan segera dibangun dengan mengikuti berbagai spesifikasi dari FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile).

Menurutnya, rencana pembangunan sirkuit bakal rampung dilakukan pada April mendatang. Sementara itu, untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen. Sehingga, hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang.

“Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan trek akan dapat dilakukan dengan cepat," ujar Sahroni, beberapa waktu lalu.

“Hal yang perlu ditegaskan juga bahwa dalam pembangunan ini tidak ada dana APBD maupun PMD yang digunakan. Jadi, semuanya hanya dari Jakpro dan sponsor, dengan trek yang permanen sehingga dapat digunakan untuk berbagai event autosport sepanjang tahun,” kata dia.

Nantinya, sirkuit ini disebutkan akan memiliki panjang lintasan hingga 2,4 km dan lebar lintasan 12 meter. Trek yang mengikuti arah jarum jam ini memiliki panjang trek lurus mencapai 600 meter.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/13/171100415/mulai-februari-mendatang-sirkuit-formula-e-di-ancol-bakal-dibangun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke