UD Truck Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR untuk Masuk Euro 4

Kompas.com - 13/01/2022, 12:03 WIB
UD Trucks di Parkir Timur Senayan. Ghulam/KompasOtomotif UD Trucks di Parkir Timur Senayan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung kebijakan pemerintah dengan penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia pada 2022, UD Truck sebagai salah satu merek kendaraan komersial Tanah Air menyiapkan unit dengan teknologi baru, yaitu selective catalytic reduction (SCR).

Teknologi SCR merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran.

Dengan meningkatkan tekanan injeksi sehingga tercipta pembakaran yang sempurna akan mengurangi partikel sisa secara signifikan.

Baca juga: Bus Tingkat PO Primadona Akhirnya Rilis dari Karoseri New Armada

Berikutnya NOx akan diolah dengan menggunakan katalis yang berasal dari urea atau dikenal dengan nama AdBlue.

“Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta diler dan aftermarket kami telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program perkembangannya”, ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

UD Truck Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR untuk Masuk Euro 4UD Truck UD Truck Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR untuk Masuk Euro 4

Chrisnoadhi menambahkan bahwa selain mempersiapkan unit baru dengan teknologi SCR dan Adblue, UD Trucks Indonesia juga telah mempersiapkan berbagai sarana pendukung lainnya dalam menyambut kebijakan penerapan Euro 4, khususnya bagi para pelanggannya.

Manfaat penggunaan teknologi SCR ini bagi para pelanggan adalah adanya interval servis yang lebih lama, yang berarti kendaraan lebih banyak digunakan untuk keperluan bisnis para pelanggan UD Trucks, sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk pemberhentian yang tidak direncanakan.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini bila Rem Mobil Blong

Teknologi SCR dapat mengurasi gas NOx hingga 90 persen sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50-90 persen.

"Jadi teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, dimana sistem SCR menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun”, kata Chrisnoadhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.