Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UD Truck Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR untuk Masuk Euro 4

Kompas.com - 13/01/2022, 12:03 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung kebijakan pemerintah dengan penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia pada 2022, UD Truck sebagai salah satu merek kendaraan komersial Tanah Air menyiapkan unit dengan teknologi baru, yaitu selective catalytic reduction (SCR).

Teknologi SCR merupakan sistem pengolahan emisi yang mengurangi polutan berbahaya seperti nitrogen oksida dan partikulat yang dihasilkan selama pembakaran.

Dengan meningkatkan tekanan injeksi sehingga tercipta pembakaran yang sempurna akan mengurangi partikel sisa secara signifikan.

Baca juga: Bus Tingkat PO Primadona Akhirnya Rilis dari Karoseri New Armada

Berikutnya NOx akan diolah dengan menggunakan katalis yang berasal dari urea atau dikenal dengan nama AdBlue.

“Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta diler dan aftermarket kami telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program perkembangannya”, ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

UD Truck Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR untuk Masuk Euro 4UD Truck UD Truck Siapkan Unit Baru dengan Teknologi SCR untuk Masuk Euro 4

Chrisnoadhi menambahkan bahwa selain mempersiapkan unit baru dengan teknologi SCR dan Adblue, UD Trucks Indonesia juga telah mempersiapkan berbagai sarana pendukung lainnya dalam menyambut kebijakan penerapan Euro 4, khususnya bagi para pelanggannya.

Manfaat penggunaan teknologi SCR ini bagi para pelanggan adalah adanya interval servis yang lebih lama, yang berarti kendaraan lebih banyak digunakan untuk keperluan bisnis para pelanggan UD Trucks, sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk pemberhentian yang tidak direncanakan.

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan Ini bila Rem Mobil Blong

Teknologi SCR dapat mengurasi gas NOx hingga 90 persen sekaligus mengurangi gas HC dan CO hingga 50-90 persen.

"Jadi teknologi SCR ini bekerja sama dengan cairan AdBlue, dimana sistem SCR menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya. AdBlue sendiri merupakan cairan yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak beracun”, kata Chrisnoadhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com