Repsol Honda Mulai Jeblok, Diawali Kepergian Pedrosa

Kompas.com - 11/01/2022, 17:01 WIB
Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, di GP Malaysia Crash.netPebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, di GP Malaysia
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Keputusan Repsol Honda melepas Dani Pedrosa beberapa waktu yang lalu dinilai sebagai kesalahan besar. Tak heran performa tim pabrikan ini stagnan, bahkan menurun setelah cedera yang dialami Marc Marquez.

Mantan Manajer Repsol Honda, Livio Suppo, mengatakan, kepergian Pedrosa membuat Repsol Honda hanya fokus melakukan pengembangan motor untuk Marc Marquez.

Efeknya, ketika Marquez mengalami cedera, rekan satu timnya, yakni Pol Espargaro, tidak bisa menampilkan performa maksimal.

Baca juga: Honda Giorno Meluncur, Skutik Retro Lebih Mungil dari Scoopy

Dani Pedrosa sudah bergabung dengan keluarga KTM.motogp.com Dani Pedrosa sudah bergabung dengan keluarga KTM.

"Banyak kesalahan telah dibuat dan saya minta maaf--karena saya sangat dekat dengan Honda dan sejarahnya--jadi adalah sebuah kesalahan, misalnya, membiarkan Dani Pedrosa pergi,” ujar Suppo dikutip dari Motosan, Selasa (11/1/2022).

“Karena itu menunjukkan bahwa perkembangan motor hanya untuk Marc seorang. Hanya Marc-lah yang bisa menjadi kuat (dengan RC213V)," kata dia.

Pedrosa akhirnya bergabung dengan KTM Factory Racing, dan membuat tim ini tampil cukup kompetitif di musim 2020.

Baca juga: Perubahan Warna Pelat Nomor Bebas Biaya, Dilakukan Secara Bertahap

Alberto Puig (tengah), Dani Pedrosa (kiri) dan Mike Leitner (kanan) saat akan menjalani kualifikasi di China 2006 lalu.Motorsport.com Alberto Puig (tengah), Dani Pedrosa (kiri) dan Mike Leitner (kanan) saat akan menjalani kualifikasi di China 2006 lalu.

Sementara Repsol Honda merekrut pebalap KTM, Pol Espargaro, yang sebetulnya tidak tampil cukup bagus pada musim sebelumnya.

Suppo pun mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami Honda saat ini. Ia mengatakan, pabrikan ini tidak memiliki persiapan yang matang ketika Marquez cidera.

Padahal, menurutnya, dulu Repsol Honda adalah tim yang sangat disegani dan jadi rujukan semua tim.

Baca juga: Toyota Land Cruiser 300 Segera Meluncur, Ini Harga Bekasnya

Kepala Tim Repsol Honda Livio Suppo menunggu pertanyaan wartawan saat wawancara sebelum peluncuran tim di Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/2/2017).GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COM Kepala Tim Repsol Honda Livio Suppo menunggu pertanyaan wartawan saat wawancara sebelum peluncuran tim di Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

"Mereka harus menemukan jalan yang benar. Dan saya berharap Marc Márquez baik-baik saja karena kontribusinya sangat mendasar,” ucap Suppo.

“Karena hasil semua pebalap Honda lainnya belum bagus. Yang menunjukkan bahwa perkembangan motornya (secara umum) mungkin belum bagus," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.