Kompas.com - 10/01/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bodi bus Legacy SR2 Panorama merupakan model terbaru dari Karoseri Laksana. PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) menjadi yang pertama menggunakan bodi tersebut untuk armadanya.

Bodi Panorama ini merupakan facelift dari Legacy SR2 Single Glass yang sejak 2016 hadir. Tampilannya jadi lebih sporty dengan model bumper baru dan kaca depan yang lebih tinggi serta model selendang baru.

Kejutan pun hadir dari Laksana, bus kedua dengan bodi Panorama terlihat berjalan keluar dari karoseri yang ada di Ungaran. Terlihat bus menggunakan kelir biru dengan livery bertuliskan “HINO” cukup besar di bagian samping bus.

Baca juga: Yamaha Punya Skutik Baru Calon Pesaing Honda ADV 150

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by freshbus (@freshbus)

 

Kemudian, ditambah juga aksen krom yang memanjang dari lampu depan sampai ke atas kaca, menambah kesan elegan. Selain itu, tertulis juga kode sasis Hino RN8J yang nampaknya digunakan untuk bodi bus tersebut.

Hino RN8J merupakan sasis yang belum ada di Indonesia. Jika dibandingkan dengan Hino RN285, kode mesin yang digunakan sedikit berbeda, yakni J08E-VD (RN8J) dan J08E-VT (RN285).

Baca juga: Ketemu Lubang di Jalan Tol, Ini yang Harus Dilakukan

Berdasarkan informasi yang kami terima, bus tersebut keluar dari karoseri cuma untuk melakukan inspeksi, jadi belum resmi dirilis. Selain itu, bus tersebut rencananya digunakan untuk kendaraan training Hino.

Bisa saja sasis bus ini akan menggantikan sasis bus Hino yang sudah hadir di Indonesia. Apalagi untuk di negara lain seperti Australia dan Filipina sasis tersebut sudah sesuai dengan standar emisi Euro4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.