Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbang Podium Ke-450 untuk Honda, Marquez Kejar Rekor Pedrosa

Kompas.com - 09/10/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lewat kemenangan MotoGP Amerika di Sirkuit Austin, Texas, pekan lalu, Marc Marquez sudah menyumbang podium ke-450 untuk Honda di kelas premier. Hasil tersebut sekaligus memperkuat statusnya sebagai pebalap Honda paling sukses.

Dikutip dari Speedweek.com, Jumat (8/10/2021), Marquez sudah mencatatkan 58 kemenangan untuk Honda di kelas utama. Total podiumnya saat ini sudah mencapai 98 podium.

Baca juga: Menang di Austin, Marquez Bilang Tangannya Masih Cedera

Marquez ada di peringkat kedua penyumbang podium terbanyak untuk Honda. Sementara peringkat pertama, masih dipegang oleh Dani Pedrosa dengan 112 podium.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Pedrosa sendiri menghabiskan 13 musim bersama Honda. Dia juga tercatat sebagai pebalap yang memulai karirnya di MotoGP hingga pensiun di Repsol Honda Team.

Sementara Marquez sendiri, hingga saat ini baru menjalani musim kedelapan bersama Repsol Honda. Masih ada lima musim untuk mengejar dan 18 podium untuk mengejar rekor Pedrosa di tim pabrikan tersebut.

Baca juga: Marc Marquez Sudah Memprediksi Kemenangan di MotoGP AS 2021

Marquez sudah berhasil mengalahkan pebalap legendaris Mick Doohan yang hanya memberikan empat gelar juara dunia untuk Honda. Sedangkan Marquez, sudah meraih enam kali juara dunia.

Rekor Doohan di kelas utama juga hanya 35 kemenangan dengan 48 podium selama 11 musim bersama Honda. Selain Pedrosa, Doohan juga setia dengan tim pabrikan Honda, dari awal karir hingga pensiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com