Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis-jenis Kursi Bayi buat di Mobil

Kompas.com - 10/01/2022, 19:41 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur ISOFIX pada banyak mobil saat ini mempermudah pengemudi yang memiliki anak untuk berkendara dengan anak di kabin.

Dengan ISOFIX, pengemudi bisa mengaitkan child car seat atau kursi bayi di mobil, yang fungsinya mengamankan posisi anak selama perjalanan.

Jenis kursi bayi yang digunakan bergantung pada usia dan berat badan anak yang akan memakainya. Kursi harus disesuaikan dengan kebutuhan agar kursi tidak menampung beban melebihi kapasitasnya dan anak bisa merasa nyaman.

Baca juga: Bawa Bocah Berkendara Pakai Mobil Wajib Pakai Car Seat

Di mobil, kejadian kecil seperti rem mendadak sudah cukup untuk menghentakkan anak ke kabin depan mobil.

Melansir dari SafeKids Indonesia, child car seat sangat berguna untuk melindungi tubuh anak yang sangat rentan, khususnya jika terjadi kecelakaan.

Ada beberapa jenis child car seat yang bisa digunakan, tergantung usia anak.

1. Infant car seat

Kursi bayi jenis ini dirancang untuk anak berumur 2 tahun ke bawah. Posisinya duduknya menghadap ke belakang, dengan pertimbangan meminimalisir cedera dan menghindari anak terlempar ke kabin depan mobil jika terjadi kecelakaan.

Berat maksimal yang bisa ditampung infant car seat adalah 27 kilogram.

2. Convertible Car Seat

Serupa dengan infant car seat, kursi bayi jenis ini ditujukan untuk anak yang berumur 2 tahun ke bawah. Namun, kapasitas yang bisa ditopang convertible car seat lebih banyak dibanding infant car seat.

Kemudian, tidak seperti infant car seat, kursi bayi ini posisinya bisa dibalik menghadap depan, khususnya jika sang anak umurnya sudah di atas 2 tahun dan risiko cederanya lebih rendah.

Convertible car seat bisa menampung beban hingga 45 kilogram.

Pentingnya menggunakan car seat untuk bayi dalam perjalanan.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Pentingnya menggunakan car seat untuk bayi dalam perjalanan.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Pasang Baby Car Seat

3. Booster Seat

Kursi yang satu ini digunakan untuk anak-anak yang berusia di atas 3 tahun. Dengan kapasitas beban hingga 40 kilogram, kursi ini bisa digunakan hingga anak berumur 13 tahun.

Booster seat bisa dipasang menghadap depan, dan memiliki sabuk pengamannya sendiri.

4. All in One Car Seat

Kursi ini menggabungkan fungsi ketiga jenis kursi sebelumnya. All in One Car Seat bisa dipakai sejak anak berusia 2 tahun ke atas, hingga nantinya anak sudah bisa duduk di kursi mobil biasa menggunakan sabuk pengaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com