Kompas.com - 10/01/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur ISOFIX pada banyak mobil saat ini mempermudah pengemudi yang memiliki anak untuk berkendara dengan anak di kabin.

Dengan ISOFIX, pengemudi bisa mengaitkan child car seat atau kursi bayi di mobil, yang fungsinya mengamankan posisi anak selama perjalanan.

Jenis kursi bayi yang digunakan bergantung pada usia dan berat badan anak yang akan memakainya. Kursi harus disesuaikan dengan kebutuhan agar kursi tidak menampung beban melebihi kapasitasnya dan anak bisa merasa nyaman.

Baca juga: Bawa Bocah Berkendara Pakai Mobil Wajib Pakai Car Seat

Di mobil, kejadian kecil seperti rem mendadak sudah cukup untuk menghentakkan anak ke kabin depan mobil.

Melansir dari SafeKids Indonesia, child car seat sangat berguna untuk melindungi tubuh anak yang sangat rentan, khususnya jika terjadi kecelakaan.

Ada beberapa jenis child car seat yang bisa digunakan, tergantung usia anak.

1. Infant car seat

Kursi bayi jenis ini dirancang untuk anak berumur 2 tahun ke bawah. Posisinya duduknya menghadap ke belakang, dengan pertimbangan meminimalisir cedera dan menghindari anak terlempar ke kabin depan mobil jika terjadi kecelakaan.

Berat maksimal yang bisa ditampung infant car seat adalah 27 kilogram.

2. Convertible Car Seat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.