Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Salah Injak Pedal Mobil Bukan Terjadi Hanya pada Pengemudi Pemula

JAKARTA, KOMPAS.com - Telah terjadi kecelakaan mobil menabrak dua sepeda motor hingga menyebabkan adanya korban jiwa. Kejadian tersebut terjadi di Ambon, Maluku, Kamis (6/1/2022).

Kepala Subbagian (Kasubag) Humas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pulau Ambon Iptu Isack Leatemia menuturkan, kejadian ini bermula saat pengemudi mobil salah menginjak pedal.

Bukannya mengerem, pengemudi justru menginjak pedal gas. Hal ini terjadi usai pengemudi dikagetkan dengan kemunculan pengendara sepeda motor Yamaha Fino di depan mobilnya.

"Karena kaget, pengemudi bukannya menginjak rem dia malah menginjak gas, sehingga langsung menabrak motor yang ada di depannya," ujar Isack, Kamis (6/1/2022).

Menanggapi kejadian ini, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, salah injak pedal bukan hanya dialami oleh para pemula yang baru belajar menyetir. Pengemudi berpengalaman pun tetap berisiko melakukan salah injak pedal.

"Bisa juga memang green driver (pemula) yang kadang salah menempatkan kaki antara pedal rem dan gas, sehingga bisa saja panik dan malah menginjak lebih dalam," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Namun tidak menutup kemungkinan seseorang yang sudah berpengalaman bisa melakukan kesalahan injak pedal gas. Marcell menyebutkan, umumnya hal tersebut bisa terjadi akibat faktor kelelahan.

"Seorang pengemudi bisa saja salah menginjak pedal, mungkin karena fatigue atau kelelahan sehingga melakukan tindakan yang tidak direncanakan," ujar Marcell melanjutkan.

Selain itu ada satu faktor lagi yang menyebabkan pengemudi salah menginjak pedal. Faktor ini terkait dengan aspek medis seseorang, istilahnya yakni uncoordinated movement atau gerakan tubuh yang tidak terkoordinasi.

Sebaiknya untuk menhindari kejadian tersebut, usahakan untuk menjaga jarak aman sehingga kejadian di depan pengemudi dapat diantisipasi dengan baik.

"Saran saya jangan mengemudi saat mengantuk atau lelah. Usahakan istirahat dan segarkan diri kembali dengan power nap sebelum melanjutkan perjalanan," kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/08/102200515/salah-injak-pedal-mobil-bukan-terjadi-hanya-pada-pengemudi-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke