Kompas.com - 08/01/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak anggota masyarakat yang memilih melakukan transaksi jual beli secara online guna mencegah penyebaran virus. Alhasil, transaksi online kerap dilakukan, termasuk saat ingin membeli mobil bekas.

Beberapa pabrikan otomotif dan situs jual beli online sudah bertransformasi untuk tetap memberikan pelayanan kepada konsumen setianya dengan menyediakan layanan home service saat membeli kendaraan.

Namun, ketika melakukan transaksi jual beli mobil secara online sebaiknya calon konsumen wajib lebih ekstrahati-hati. Sebab, jika tidak, bisa saja tertipu seperti yang dialami oleh seorang warga di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: PPKM Level 2, Cek Perubahan Jam Operasional Transjakarta

Pria bernama Hijri itu diketahui menjadi korban penipuan senilai Rp 82 juta saat hendak membeli mobil bekas melalui situs OLX, Rabu (5/1/2022).

“Saya tertarik dengan Honda Brio AA 1389 BA, apalagi alamat penjualnya di Salatiga sehingga mudah dan dekat saat akan melakukan pengecekan,” ucap Hijri, dikutip dari Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Kemudian dia menghubungi nomor kontak yang tertera. Hijri mengaku, pemilik kontak tersebut bernama Rahman, merupakan paman dari Titik selaku penjual mobil Honda Brio. Komunikasi pun berlanjut hingga Hijri diarahkan untuk bertemu Titik selaku pemilik mobil.

Dalam tawar-menawar tersebut disepakati harga Rp 82 juta. Hijri pun langsung mentransfer uang tersebut ke nomor rekening yang diberikan Rahman.

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

Setelah pembayaran sesuai kesepakatan dilakukan, Hijri memberi tahu Titik. Sayangnya, ketika dikonfirmasi ke Rahman, nomornya sudah tidak bisa dihubungi. Saat itu Titik sadar bahwa ia dan Hijri kena tipu, dan setelah itu Titik mengaku jika Rahman bukanlah pamannya dan ia tidak kenal.

Berkaca dari kejadian tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan calon konsumen untuk menghindari mendapat pengalaman buruk saat mencari mobil bekas di situs jual beli online.

“Poin pertama yang harus dilakukan adalah melihat iklan lalu kemudian cek harganya. Apakah masuk akal atau tidak. Kalau harga terlalu murah atau di bawah pasaran, patut dicurigai,” ujar Agung Iskandar, Director of Classified & New Business OLX.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.