Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Tren Audio Mobil pada Tahun 2022

Kompas.com - 08/01/2022, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan modifikasi audio merupakan langkah yang cukup sering dilakukan oleh pemilik mobil.

Tujuan utama agar bisa mendengarkan musik dengan kualitas yang bagus ketika di perjalanan menuju ke suatu tempat. Apalagi dengan kualitas yang bagus itu, seluruh anggota keluarga bisa menjadi lebih rileks ketika berada di kabin mobil dan perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Bicara soal audio, kira-kira bagaimana prediksi tren modifikasinya pada tahun 2022?

Baca juga: Silau Saat Berkendara, Mobil Hantam Pemotor hingga Jatuh dari Flyover

Founder Music Art Indonesia Pujiyanto Suryana mengatakan, tren audio pada tahun 2022 belum banyak berubah dari tahun sebelumnya, yakni 2021 dan 2020.

“Untuk tahun 2022 masih belum banyak berubah. Modifikasi audio masih mengarah ke Original Equipment Manufacturer (OEM) placement, simple, dan terintergrasi dengan internet (streaming),” ujar Puji saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Modifikasi audioinstagram.com/music.art.id Modifikasi audio

Puji melanjutkan, sebelum melakukan modifikasi audio, ada baiknya pemilik kendaraan memperhatikan beberapa hal.

“Pertama tentukan dulu jenis musiknya, ini mencakup source apa yang akan dipakai, apakah sering dengar radio atau streaming (YouTube, Spotify). Kemudian baru menentukan budget dan fungsionalitas,” ucap Puji.

Baca juga: PPKM Level 2, Cek Perubahan Jam Operasional Transjakarta

Kemudian, bagi mereka yang ingin bisa segala jenis musik itu masuk, bisa memilih sistem audio yang lebih ke arah sound quality (SQ). Pasalnya, jenis audio ini, menurut Puji, cocok untuk segala jenis musik.

Agar lebih maksimal, ia juga menyarankan untuk mengganti beberapa komponen pada audio, seperti speaker depan, belakang, subwoofer, serta penambahan power amplifier.

“Tak kalah penting dengarkan dulu demo barang-barang yang akan dipasang. Usahakan yang sudah terpasang di mobil. Jadi calon pembeli bisa tahu akan seperti apa nanti hasilnya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com