Kompas.com - 08/01/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan modifikasi audio merupakan langkah yang cukup sering dilakukan oleh pemilik mobil.

Tujuan utama agar bisa mendengarkan musik dengan kualitas yang bagus ketika di perjalanan menuju ke suatu tempat. Apalagi dengan kualitas yang bagus itu, seluruh anggota keluarga bisa menjadi lebih rileks ketika berada di kabin mobil dan perjalanan terasa lebih menyenangkan.

Bicara soal audio, kira-kira bagaimana prediksi tren modifikasinya pada tahun 2022?

Baca juga: Silau Saat Berkendara, Mobil Hantam Pemotor hingga Jatuh dari Flyover

Founder Music Art Indonesia Pujiyanto Suryana mengatakan, tren audio pada tahun 2022 belum banyak berubah dari tahun sebelumnya, yakni 2021 dan 2020.

“Untuk tahun 2022 masih belum banyak berubah. Modifikasi audio masih mengarah ke Original Equipment Manufacturer (OEM) placement, simple, dan terintergrasi dengan internet (streaming),” ujar Puji saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Modifikasi audioinstagram.com/music.art.id Modifikasi audio

Puji melanjutkan, sebelum melakukan modifikasi audio, ada baiknya pemilik kendaraan memperhatikan beberapa hal.

“Pertama tentukan dulu jenis musiknya, ini mencakup source apa yang akan dipakai, apakah sering dengar radio atau streaming (YouTube, Spotify). Kemudian baru menentukan budget dan fungsionalitas,” ucap Puji.

Baca juga: PPKM Level 2, Cek Perubahan Jam Operasional Transjakarta

Kemudian, bagi mereka yang ingin bisa segala jenis musik itu masuk, bisa memilih sistem audio yang lebih ke arah sound quality (SQ). Pasalnya, jenis audio ini, menurut Puji, cocok untuk segala jenis musik.

Agar lebih maksimal, ia juga menyarankan untuk mengganti beberapa komponen pada audio, seperti speaker depan, belakang, subwoofer, serta penambahan power amplifier.

“Tak kalah penting dengarkan dulu demo barang-barang yang akan dipasang. Usahakan yang sudah terpasang di mobil. Jadi calon pembeli bisa tahu akan seperti apa nanti hasilnya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.