Silau Saat Berkendara, Mobil Hantam Pemotor hingga Jatuh dari Flyover

Kompas.com - 07/01/2022, 17:22 WIB
Tempat kejadian perkara pengendara motor mengalami kecelakaan beruntun dan terjatuh dari jalan layang Pesing di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (7/1/2022). Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARITempat kejadian perkara pengendara motor mengalami kecelakaan beruntun dan terjatuh dari jalan layang Pesing di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (7/1/2022).

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru saja terjadi kecelakaan yang melibatkan pengemudi mobil dan tiga sepeda motor di atas Jalan Layang Daan Mogot, Pesing, Jakarta Barat, Jumat (7/1/2022).

Kanit Laka Lantas Polres Jakarta Barat AKP Hartono mengatakan, kecelakaan itu mengakibatkan seorang pengendara motor terjatuh dari atas flyover dan dua pengendara motor lainnya luka-luka.

“Mobil oleng ke kanan, menabrak pembatas jalan, kemudian pindah jalur, menabrak sepeda motor,” ucap Hartono dikutip dari Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Baca juga: Meski Banyak Syarat, Mobil Bekas Tetap Bisa Diasuransikan

Berdasarkan keterangan sementara, pengemudi mobil mengaku oleng lantaran silau melihat cahaya matahari.

“Iya betul, katanya silau matahari,” ucap Hartono.

Berkaca dari kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi harus bisa mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu ketika berkendara termasuk sinar matahari atau dari kendaraan lain.

Silau itu merupakan kondisi buta, salah satunya akibat feedback sinar dari arah berlawanan dan itu tidak tiba-tiba datang, pasti melalui proses,” ucap Sonya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Ilustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh.express.co.uk Ilustrasi pengemudi yang terpapar lampu jauh.

Menurut Sony, ketika jarak pandang terbatas, pengemudi harus segera mengurangi kecepatan. Sebab dalam kondisi seperti itu, pengemudi bisa saja kehilangan visibilitas dan menabrak objek yang berada di depannya.

Pengemudi juga bisa menggunakan sun visor untuk membantu menghalangi sinar dari depan,” kata dia.

Baca juga: Sudah Tahu, Fungsi Utama Sun Visor pada Mobil

Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menambahkan, fungsi utama sun visor memang mengurangi efek silau matahari ketika berkendara.

Sun Visor pada mobil masih banyak yang belum tahu fungsi sebenarnya. KOMPAS.com/Nanda AM Sun Visor pada mobil masih banyak yang belum tahu fungsi sebenarnya.

“Ketika kita berkendara di siang hari dan menghadap ke arah matahari terkadang silau, sehingga, bisa mengganggu jarak pandang kita ke depan. Dengan sun visor itu bisa membantu mengurangi efek silau matahari, jadi cahaya matahari tidak mengenai mata tetapi berada di bawah muka, sehingga mata bisa fokus terhadap jalanan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.