Menunggu Kelanjutan PPnBM, Banderol SUV Murah Bakal Naik di Awal 2022

Kompas.com - 03/01/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki awal 2022, pemerintah belum juga memberikan kepastian terkait kelanjutan diskon PPnBM mobil baru. Padahal kebijakan tersebut berakhir pada 31 Desember 2021.

Berdasarkan informasi terakhir, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani hanya menyampaikan bila sampai saat ini nasib perpanjangan PPnBM masih dalam kajian lebih dulu.

"Presiden minta dikaji lagi, terutama dikaitkan dengan apakah demand-nya sudah meningkat cukup bagus, jadi kita akan lihat," ujar Sri Mulyani beberapa hari lalu.

Meski harusnya banderol mobil baru sudah mulai naik, tapi melihat dari daftar harga di situs resmi beberapa agen pemegang merek (APM), rupanya masih mencantumkan banderol lama.

Baca juga: Terjadi Lagi, Fortuner Ringsek Tabrak Pembatas Jembatan di Tol Ngawi

Salah satunya di segmen low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah. Dari pantauan Kompas.com, Minggu (2/1/2022), Toyota, Daihatsu, dan Honda masih menampilkan banderol yang sama seperti Desember 2021.

Modifikasi Daihatsu Rocky Neo RetroKOMPAS.com/STANLY RAVEL Modifikasi Daihatsu Rocky Neo Retro

Namun, ketika dikonfirmasi soal apakah ada penyesuaian harga karena belum adanya kabar perpanjangan PPnBM, Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah memberikan sinyal bakal melakukan penyesuaian.

"Naik," tulis Amel dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Minggu (2/1/2022), ketika ditanya apakah akan bertahan dengan banderol lama atau melakukan penyesuaian harga pada Januari 2022.

Sayangnya, saat ditanya kapan kenaikan harga mulai dilakukan dan berapa besarnya, Amel tak memberikan jawab lagi.

Demikian juga yang diutarakan Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM). Menurut Anton, untuk harga mobil akan mengikuti kebijakan yang ada sambil menunggu aturan dari pemerintah.

Baca juga: Kejadian Lagi, Perempuan Kena Abu Rokok Pengguna Jalan Lain

Toyota RushToyota Toyota Rush

"Harga ada yang naik sambil menunggu aturan, nanti akan di-update lagi di website resmi atau dari diler-diler," kata Anton.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.