Tren Modifikasi Motor, Parts Custom Bolt On Bakal Makin Ramai

Kompas.com - 30/12/2021, 19:51 WIB
Yamaha XSR 155 Flat Tracker Speedking Garage Foto: YamahaYamaha XSR 155 Flat Tracker Speedking Garage
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi sangat luas dan berbagai jenis, mulai dari custom sampai variasi tinggal pasang. Adapun untuk tren modifikasi sepeda motor tahun depan diprediksi bakal berubah.

Susanto Gunawan, builder Speedking Garage, asal Bandung, mengatakan, ke depan bakal makin banyak konsumen yang ingin mengerjakan motornya sendiri. 

Baca juga: Tenang, Pertamina Jamin Pertalite Masih Dipasarkan pada 2022

Sehingga ke depan akan arah modifikasi bakal lebih simpel. Kalaupun custom, konsumen ingin yang bisa instan atau mengerjakan sendiri.

Yamaha XSR155 Cafe RacerKOMPAS.com/Gilang Yamaha XSR155 Cafe Racer

"Arahnya bakal lebih ke simpel, orang bisa pasang sendiri karena sekarang banyak juga yang mengerjakan sendiri di rumah," kata Yank panggilannya kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, bakal banyak parts custom yang tinggal pasang. Sehingga memudahkan pemilik untuk memodifikasi sendiri tanpa harus berlama-lama meninggalkan motor di bengkel.

"Jadi orang beli apalagi sekarang online sudah maju, orang beli barang tapi bisa mengerjakan sendiri. Jadi lebih ke variasi bolt on, tapi kadang yang bolt on juga variasi custom yang bolt on juga banyak," ungkapnya.

"Ke depan bakal seperti itu, jadi custom yang di bengkel lama dan potong-potong yang ekstrem agak sedikit berkurang," katanya.

Baca juga: Sudah Tahu, Fungsi Utama Sun Visor pada Mobil

Modifikasi Vespa AwkarinFoto: Scooter VIP Modifikasi Vespa Awkarin

Bicara mengenai tren modifikasi Vespa, Dennil Sagita pendiri Scooter VIP workshop modifikasi dan perawatan Vespa modern di Bekasi, mengatakan, tahun depan racing style akan tetap bertahan.

"Beberapa pengguna Vespa masih nyaman dengan produk part aftermarket luar negeri karena untuk part mereka jauh lebih siap dari segi teknologi maupun research and development-nya," kata Dennil.

Meski komponen aftermarket dari luar negeri tidak murah, tapi hal itu justru yang jadi daya tarik. Sebab motor yang didandani dengan komponen tersebut bakal punya gengsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.