Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Bus Trans Semanggi Suroboyo, Pakai Bodi Bus Buatan Tentrem

Kompas.com - 29/12/2021, 17:55 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan bus dengan model Buy The Service Teman Bus kini resmi beroperasi di Surabaya. Bus perkotaan tersebut bertajuk Trans Semanggi Suroboyo dan akan beroperasi di enam koridor.

Layanan bus ini resmi diperkenalkan pada hari Rabu (29/12/2021). Dari enam koridor, baru satu saja yang akan beroperasi pada 2 Januari 2022 dengan rute Raya Lidah Wetan-Karang Menjangan-ITS.

Untuk bus yang digunakan adalah bus besar perkotaan yang menggunakan bodi buatan Karoseri Tentrem dengan nama Velocity W5. Bodi ini merupakan generasi terbaru dari model Velocity yang biasa digunakan Transjakarta.

Baca juga: Bocoran Yamaha XMAX Baru, Punya Tampang Mirip TMAX

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rully Novianto (@rullynovian)

 

Sales Staff Karoseri Tentrem Dimas Raditya menjelaskan bus baru ini menggunakan sasis Mercedes Benz 0500U 1726. Sasis tersebut memang berbeda dengan yang sering digunakan untuk armada bus malam.

“Bodinya pakai Velocity W5 dengan sasis Mercy O500U 1726. Panel samping bodi pakai aluminium. Di kabinnya ada 26 seat dengan ramp untuk pengguna kursi roda,” kata Dimas kepada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Kalau dilihat dari sasisnya, bisa dilihat kalau O500U 1726 punya tenaga 260 TK di 2.200 rpm dan torsi 950 Nm di 1.200 rpm-1.600rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis dari ZF Ecolife.

Baca juga: Mobil Listrik Kia EV6 Patahkan Rekor Dunia Milik Tesla

Membahas bodinya, Karoseri Tentrem juga menggunakan panel aluminium pada bus perkotaannya yang terbaru. Hal ini dilakukan demi mengurangi bobot total kendaraan sehingga diklaim lebih hemat bahan bakar dan ban.

Secara tampilan eksterior, bus Trans Semanggi Suroboyo menggunakan kombinasi warna merah dan hitam. Selain itu dipasang juga rak sepeda yang ada di bagian depan bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com